Terima Kartu ATM Kosong, Karyawati Ruko Ditipu Ratusan Juta

256
Tersangka ME, warga Desa Kijang Jaya, Kecamatan Tapung Hilir, Kampar, saat diamankan di Mapolsek Tapung Hilir karena menipu temannya sendiri, Selasa (14/07).

Sumateranews.co.id, RIAU – Bermaksud menolong dan merasa kasihan, namun Yeni Siregar, warga Desa Kijang Jaya, Kecamatan Tapung Hilir, Kampar malah ditipu temannya sendiri berinisial ME, warga yang sama. Akibat kejadian ini korban menderita kerugian sebesar Rp104 juta.

Peristiwa penipuan yang terjadi di ruko (rumah toko) tempat korban bekerja, pada Kamis sore (9/07/2020) sekitar pukul 14.30 WIB ini terungkap, setelah pelaku berinisial ME, warga yang sama berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Tapung Hilir Kampar, pada Senin sore (13/7/2020) kemarin.

“ME ditangkap atas laporan korbannya Sdri. Yeni Siregar warga Desa Kijang Jaya, karena ME telah menipunya sehingga korban mengalami kerugian sebesar Rp104 juta,” ungkap Kapolsek Tapung Hilir AKP Asep Rahmat., SH., SIK didampingi Kanit Reskrim Ipda Hendro Wahyudi, Selasa (14/07).

Dijelaskan Kapolsek Tapung Hilir, kejadian tersebut berawal saat ME (pelaku) mendatangi ruko tempat Yeni (korban) bekerja. Kemudian ME meminta Yeni untuk mengirimkan sejumlah uang melalui transfer BRI Link dengan jaminan bahwa pelaku memiliki uang di dalam ATM yang ia bawa untuk penggantinya.

“Selanjutnya korban mentransfer uang sebanyak 19 kali dengan nominal yang telah dikirim sebesar Rp.104.003.000 (seratus empat tiga ribu rupiah) ke Link Nomor Bravia Account Bukalapak yang diberikan oleh pelaku, setelah uang ditransfer lalu korban mengecek kartu ATM pelaku dan mendapati saldonya kosong,” jelas Kapolsek.

Atas kejadian itu korban merasa dirugikan dan tidak terima lalu melaporkan kejadian ini ke Polsek Tapung Hilir untuk pengusutannya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Tapung Hilir kemudian melakukan penyelidikan, petugas juga mengumpulkan bukti-bukti berupa 19 lembar struk bukti transfer, sebuah ATM BRI dan buku tabungan atas nama tersangka ME lalu mencari keberadaan tersangka.

Alhasil, pada Senin sore (13/7/2020) sekitar pukul 17.50 wib, Tim Opsnal Polsek Tapung Hilir mendapat informasi tentang keberadaan pelaku, kemudian Kapolsek Tapung Hilir AKP Asep Rahmat SH, SIK perintahkan Kanit Reskrim Ipda Hendro Wahyudi untuk mengejar dan menangkap pelaku.

“Petugas berhasil mengamankan ME ketika berada di dalam mobil Travel saat akan pulang ke rumah tempat kosnya, kemudian tim membawa pelaku ke polsek Tapung Hilir untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tandas AKP Asep Rahmat.

Laporan : Arifin III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here