Kasus & PeristiwaMuraSecond HeadlineSumsel

Teriakan Sumpah Pemuda Menggema di Perkemahan Taman Beregam

Bupati Mura Berharap Perkemahan Karang Taruna Musi Rawas Rutin Dilaksanakan

MUSI RAWAS – Teriakan Sumpah Pemuda 1928, menggema di Taman Beregam Komplek Perkantoran Pemkab Mura, Sabtu (29/10). Usut punya usut, gaungan suara Sumpah Pemuda tersebut berasal dari warga dan jajaran Pengurus Karang Taruna (KT) Mura, yang dikomandoi Mochamad Al-Amin.

Ya, salah satu destinasi wisata di Mura tersebut dijadikan tempat kegiatan Perkemahan Karang Taruna Musi Rawas Mantab 2022, yang dibuka langsung oleh Bupati Mura, Hj Ratna Machmud yang juga Pembina KT Mura. Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Ratna Machmud.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus KT Mura yang sudah melaksanakan kegiatan perkemahan ini,” ujar Hj Ratna Machmud, yang hadir sekaligus menjadi pembina upacara pembukaan.

Bupati menyampaikan, pemuda karang taruna harus ikut andil dan berperan aktif dalam membangun daerah menuju Mura Mantab. Peran tersebut menurutnya, sudah ditunjukkan pemuda KT Mura melalui kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan serupa bisa terus berlanjut dan dapat ditingkatkan lagi.

Ratna menerangkan, pembinaan generasi muda harus dilakukan secara sistemasi dan terencana oleh karang taruna. Tak hanya itu, ia juga mengharapkan, warga KT Mura dapat menggerakkan pemuda membangun daerah termasuk membantu menangani masalah-masalah sosial.

“Saya berpesan kepada pemuda KT Mura sebagai bagian generasi muda, bisa mengembangkan diri dan menjadi patriot yang berkepribadian, pengetahuan luas dan terampil. Harus menjalin sinergisitas dengan generasi muda untuk memaksimalkan semua potensi,” ujar bupati seraya mengimbau peserta dapat mengikut seluruh rangkaian acara, menjaga nama baik, serta membina persatuan, menjaga kebersihan lingkungan dan Kamtibmas.

Ketua Panitia, Marga Saputra dalam laporannya menyampaikan, kegiatan perdana tingkat kabupaten Mura ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari hingga Ahad (30/10). Ia mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk lebih mengakrabkan seluruh warga dan pengurus Karang Taruna. Baik pengurus tingkat desa/kelurahan, kecamatan maupun pengurus kabupaten.

“Setiap pemuda khususnya yang tergabung dalam KT agar dapat mengasah kreatifitas, terampil dan produktif. Siap menjadi motor penggerak bagi kemajuan daerah,” tambah dia.

Ia mengungkapkan, warga KT sangat antusias mengikuti kegiatan yang ditunjukkan dengan membludaknya peserta yang mendaftar. Sayangnya, panitia terpaksa membatasi kuota peserta yang bisa berpartisipasi. “Kami harap ke depan kegiatan ini menjadi agenda rutin dan dapat dianggarkan tiap tahun lewat kebijakan bupati melalui Dinsos Mura,” ucap dia.

Untuk diketahui, acara pembukaan perkemahan ini dihadiri Ketua KT Sumsel, Yudha Novanza Utama, Ketua MPKT Mura Febri, Ketua KT Lubuklinggau, Elpan Juniardi dan jajaran. Hadir pula Ketua DPRD Azandri, pejabat mewakili Dandim 0406 dan Polres Mura. (SMSI Silampari)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button