Tercemar Minyak, Belasan Sumur Warga Mengeluarkan Bau dan Pekat

0
182
Tercemar: Sumur warga yang tercemar diduga akibat terkena minyak kondensat milik PT Pertamina Prabumulih. Tampak anggota kepolisian memasang garis polisi line

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Belasan sumur warga yang tinggal di lingkungan RT 03 RW 02, Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur, tepatnya di sekitar Jalan Nigata simpang tiga, diduga tercemar minyak jenis kondensat dari pipa milik PT Pertamina EP Asset 2. Akibatnya warga kesulitan menggunakan air sumur karena menimbulkan bau pekat dan kental.

“Kita tidak tahu secara pasti dari mana asal minyak limbah tersebut, namun kejadian ini sudah kita laporkan kepihak Pertamina Prabumulih, tadi ada perwakilan Pertamina yang mengambil sempel di sumur kita ini,” ungkap Sony (36), warga setempat, kepada wartawan, Rabu (20/6) pagi.

Menurut Sony, ada sekitar 15 sumur warga yang terkena minyak, dan sekitar 10 sumur diantaranya paling parah.

Ia pun menjelaskan, sampai saat ini belum ada tindakan dari pihak Pertamina hanya baru sebatas mengambil sempel sebanyak tiga tengki. “Tapi untuk kebutuhan lain seperti penyediaan air bersih belum ada titik terangnya sampai sekarang pak, dan kami warga disini sangat membutuhkan air untuk kebutuhan sehari hari,” ungkap dia.

Senada di sampaikan Wira ( 40) salah satu warga RT 03 menyebutkan, sebelumnya warga sudah lama mencium bau yang kurang sedap dan menyengat selama menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H.

“Tiga hari menjelang lebaran, bau yang kurang enak dan menyesakkan hidung sudah tercium tajam,  sehingga kami melalui RT dan RW sepakat untuk melaporkan kejadian ini kepihak Pertamina,” keluhnya.

“Kami berharap pihak Pertamina memberikan bantuan berupa penyediaan air bersih, karena dari sumur itulah, kami melakukan rutinitas kegiatan rumah tangga,” tambahnya.

Dihubungi terpisah, PJ Walikota Prabumulih, H Richard Chahyadi AP MSi yang mengetahui kejadian tersebut mengatakan akan segera menurunkan tim dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkot Prabumulih.

“Kita akan menurunkan tim dari BLH kita untuk ikut mengecek ke lokasi, serta membantu mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat sekitar dengan menyediakan beberapa tangki air bersih,” tandasnya, singkat.

Laporan : Taufik/*

Editor     : Donny