Tenaga Medis Asean Games Ikuti Workshop

0
157

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sebagai persiapan, para tenaga medis Asian Games 2018, diberikan bekal yang cukup dalam kesiapan di berbagai venue. Terkait hal tersebut Kementrian Kesehatan melakukan workshop Emergency In Sport Event Bagi Petugas Kesehatan Asian Games dan Asian Para Games 2018, di Hotel Horison Ultima, Kamis (7/12/2017).

‘’Workshop ini adalah bagian pertama dari pelatihan supaya lebih siap lagi di tahun 2018 dan nanti ada lagi rangkaian kegiatan pelatihan,’’ jelas Ina Rotalaeli, Sp.KO salah satu narasumber.

“Insya Allah sudah cukup siap, ini adalah bagian pertama dari pelatihan supaya kita lebih siap lagi di tahun 2018,” tambahnya.

Tujuan workshop ini adalah salah satu persiapan supaya tenaga medis benar-benar terampil jadi tidak hanya jaga pada saat venue, tapi ini sebuah sistem yang kita bangun dari pada saat atlet datang. “Seminggu sebelum event dan seminggu setelahnya, sistem yang kita bangun itu dari datang, dimana tempat tinggal, di situ ada tenaga medis, begitu juga training dan event,” ujar dokter perhimpunan spesialis dokter olahraga ini.

Dipaparkan Ina, panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) membutuhkan sekitar 1.400 dokter dan paramedis dalam menyukseskan Asian Games 2018. Sebanyak 1.400 dokter dan paramedis menangani masalah seperti cedera atau penyakit lain ketika penyelenggaraan berlangsung. Semuanya harus mempunyai kompetensi dasar yang harus disiapkan tim Menkes dan IDI, karena diharapkan petugas mampu menangani semua masalah kesehatan di lapangan nantinya.

Laporan           : Iwan

Editor/Posting  : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article