Cintai Karate Sejak Kelas 1 SD, Aynu Putri Bungsu Prajurit Yonkav 5/DPC Ingin Jadi Atlet Hebat dan Bertanding ke Luar Negeri

0
1524

Pernah Sabet Juara II Tingkat SD KATA Virtual Kemendikbud UNS

MUARA ENIM – Adeela Aynu Akifah adalah anak dari Serka Deden Suhenru dan Ibu Rindriyati yang bedinas di Satuan Yonkav 5/DPC Karang Endah, yang biasa disapa Aynu adalah Siswi Kelas III SDN 5 Gelumbang yang memang telah mencintai Karate sejak usia dini.

Sejak kelas 1 SD, belum genap berusia 6 (enam) tahun Aynu sudah aktif mengikuti latihan Karate di luar jam sekolah, bertempat di Dojo KKI Karang Endah, di bawah binaan Senpai Egi Fernanda dan Senpai Dinda Wiradhika.

Ketertarikannya pada Karate merupakan naluri yang tumbuh sejak dini, berawal dari seringnya Aynu melihat video beladiri dari Youtube, menirukan berbagai gerakan di Video, sampai latihan ringan di rumah. Lalu Aynu mulai tertarik untuk ikut latihan di Dojo yang berada tidak jauh dari rumahnya.

Pada tahun pertama mulai latihan, di antara teman-teman lainnya, Aynu adalah murid yang paling muda dari segi umur, tapi itu tidak membuat mental Aynu lemah, Aynu makin termotivasi dengan kakak-kakak seniornya.

Latihan rutin diadakan pada Selasa, Kamis dan Minggu bertempat di Dojo KKI Karang Endah. Dan pada hari Sabtunya, Aynu ikut latihan gabungan di Pengprov KKI Sumsel.

Di sana langsung dilatih oleh Sensei Indra Gunawan yang menjabat sebagai Ketua Majelis Sabuk Hitam dan Sensei Jarwanto selaku Pelatih KKI Pengprov Sumsel.

Selama Pandemi COVID-19, kegiatan latihan beladiri sempat terhenti, tapi Aynu masih rutin dan giat berlatih di rumah menghafalkan gerakan KATA dan mematangkan power dari setiap gerakan.

Aynu juga mengikuti lomba peragaan KATA Virtual yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Semarang Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Aynu berhasil meraih Juara II tingkat SD

 Ini merupakan tahap awal prestasinya. Aynu menjadi sosok anak kecil yang semakin ingin mematangkan hobinya di olah raga beladiri Karate dan semakin termotivasi.

“Aynu pengen banggain Bunda sama Ayah, pengen jadi Atlet hebat ikut tanding ke Luar Negeri, nanti Ayah sama Bunda ikut nemenin Adek terus, naik pesawat,” celoteh polosnya.

Aynu sekarang memegang Sabuk Hijau. Aynu berharap kedepannya bisa menambah banyak prestasi, membanggakan orang tua dan mampu menjadi atlet terbaik yang bisa bertanding ke banyak Negara.

Bukan hanya mengikuti latihan di Dojo KKI Karang Endah dan di Pengprov Sumsel, Aynu juga menyempatkan diri mengikuti latihan Karate bersama Bapak-bapak Anggota TNI di Aula Syamsul Bahri Yonkav 5/DPC, kehadiran Aynu bersama Bapak-bapak tentu saja menarik perhatian orang banyak, semua salut akan semangatnya.

“Sebagai orang tua, kami selalu mendukung penuh Aynu untuk menyalurkan hobby positifnya, mengisi waktu luang di luar jam sekolah dan meminimalisir dampak buruk dari kecanduan Hp.

Kami mendukung penuh dan selalu berpesan kepada anak-anak untuk tidak takut mengembangkan bakatmu, karena di dalam diri setiap anak itu terdapat bakat tersendiri, percaya pada diri sendiri, yakin bahwa kita berpotensi untuk menciptakan banyak prestasi membanggakan,” ungkap Serka Deden Suhendi.

“Kami juga menanamkan kepada Aynu, bahwa Beladiri bukan mengajarkan kita untuk berbuat kasar, tapi beladiri adalah ilmu agar bisa melindungi diri sendiri, keluarga, bahkan teman-teman dari orang-orang yang berniat jahat. Beladiri juga bisa untuk menolong orang lain. Menolong orang itu adalah perbuatan baik.

Seperti yang kita tau, ada banyak sekali manfaat dari kegiatan olah raga beladiri, di antaranya; meningkatkan kemampuan motorik, rasa percaya diri, membentuk mental pemberani, melatih kedisiplinan, menjadikan badan lebih bugar dan sehat, mampu melepaskan energi negatif, serta mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan banyak orang,” sambung Serka Deden.

Sementara, dengan semangat yang sudah tertanam sejak usia 6 (enam) tahun. Kedepannya Aynu berharap mampu menjadi Atlet Beladiri yang bisa membanggakan orang tua, menciptakan banyak prestasi dan bisa membanggakan Sang Saka Merah Putih dikancah Internasional, Aamiin.(*)