PalembangSecond HeadlineSumsel

Tebar 10 Ribu Anak Ikan, Fitri Ajarkan Siswa Lestarikan Satwa Sungai

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, kembali melakukan penebaran benih ikan asli air tawar di perairan Sungai Musi Palembang.

Penebaran benih ikan jenis Ikan Patin sebanyak 10 ribu anak ikan dari atas Bus Air Mayang Sari ini, Fitri tidak sendirian melainkan ditemani puluhan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), yakni SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 1 Palembang.

“Ini tujuannya untuk edukasi para pelajar agar kedepan tetap menjaga ekosistem biaota ikan sungai,” kata Fitri, Rabu (21/8/2019).

Dari generasi muda tingkat pelajar inilah,” kata Fitri diajak langsung melakukan penebaran benih ikan ini, akan menjadi kebiasan bagi mereka untuk lebih peduli dengan sungai.

“Ini sebagai bekal bagi mereka untuk lebih peduli dan membiasakan selalu melakukan dan menjaga eksositem biota sungai,” tegasnya.

Bahkan kata Fitri, dalam waktu dekat penebaran benih ikan terbilang langkah di Kota Palembang jenis Ikan Belido dan Ikan Gabus akan dilakukan penebaran benihnya di Sungai Musi dalam waktu dekat.

“Kita belum tahu berapa banyak benih Ikan Gabus dan Belido yang akan disebar di Sungai Musi, saat ini hanya menunggu persetujuan dan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. Insha Allah akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” tegasnya.

Nah, diakui Fitri, kendala dalam populasi ikan air tawar ini, pihaknya masih dihadapkan dengan masih minimnya kepedulian oknum yang melakukan penangkapan ikan dengan cara yang dilarang, seperti menggunakan alat setrum dan bahan kimia berbahaya.

“Jangankan anak ikan, induk ikan juga akan mati, jika menangkap ikan dengam cara setrum dan bahan kimia berbahaya,” tegasnya.

Untuk menjaga penangkapan ikan di Sungai Musi tetap terjaga dari pelaku penangkap ikan yang tidak dibenarkan ini. Kata Fitri, pihaknya juga telah melibatkan nelayan tradisional untuk melakukan pengawasan selain tim dari dinas terkait.

“Akan ada sanksi yang sangat berat jika pelaku perusak ekosistem ini tertangkap,” tegasnya.

 

Laporan          : Srie Gumay

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button