Tawarkan Buah Langkah Sontoloyo, Pasar Pagi Dadakan Simpang Desa Pelajau Ilir Banyuasin Banyak Disinggahi Warga

824
PEDAGANG BUAH LANGKAH: Persimpangan Desa Pelajau Ilir, Banyuasin kini berubah menjadi tempat bisnis baru dan dijadikan lokasi berjualan buah-buahan segar hasil kebun warrga. Beragam buahan segar hingga buah langka bernama buah Sontoloyo bisa ditemukan di lokasi ini dengan harga murah dan terjangkau. Foto: Nasir

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Pemandangan di sepanjang jalan persimpangan Desa Pelajau Ilir, Kecamatan Banyuasin III, kabupaten Banyuasin belakangan ini, mendadak berubah menjadi ramai dan dipenuhi oleh para pedagang buahan. Beragam buah-buahan segar dan manis seperti durian, cempedak, rambutan, dan duku dengan mudah bisa ditemukan di lokasi yang sekarang menjadi pasar pagi dadakan tersebut.

Selain menawarkan buah segar dan murah, para penyuka makanan buahan ini juga bisa dengan mudah menemukan buah langkah bernama sontoloyo. Jenis buahan yang terbilang sudah mulai langkah, dan unik ini juga ditawarkan dengan harga murah, Rp5 ribu per buahnya.

“Ya banyak dicari buah yang satu ini, satu karena keberadaannya yang sudah sulit dicari juga rasanya manis keasam-asaman serta baunya yang wangi membuah buah sontoloyo ini banyak dicari. Biasanya banyak dibuat untuk campuran sambal pak,” sebut salah satu pedagang dadakan bernama Dijah (40) warga setempat, ketika dibincangi sumateranews.co.id, Sabtu (19/01/2019).

Dijelaskan Dijah, buah sontoloyo atau juga dikenal dengan sebutan buah kemang termasuk jenis buah langkah dan sulit ditemukan karena akibat aktivitas pembalakan liar yang terus terjadi sampai sekarang.

“Sudah langkah keberadaannya dan hampir punah karena pembalakan liar. Satunya dijual seharga Rp5 ribu pak, biasanya dijadikan orang untuk campuran sambal pak,” tandasnya.

Pantauan media ini, selain banyak dikerumuni oleh pembeli dari warga sekitar, keberadaan pasar dadakan juga banyak disinggahi oleh para pengguna jalan yang melintas di kawasan daerah tersebut.

Salah satunya, adalah Zuryati. Warga Pangkalan Balai, Banyuasin ini mengaku sengaja singgah di lokasi tersebut untuk membeli buah-buahan. Selain banyak menawarkan pilihan buah segar juga harganya relatif murah dan terjangkau.

“Kalau beli di kios dipinggir jalan lintas atau di pasar buah, harganya sudah mahal. Berbeda dengan di desa ini, buah-buahannya dijual sangat murah dan masih segar segar. Terlebih lagi, buah-buahan di pasar ini berasal dari kebun mereka sendiri, jadi benar-benar terjamin kesegaran dan kebersihannya terjamin,” terangnya, ketika ditemui sedang memilih buah kesukaannya.

Ayo, bagi yang kebetulan melintas di kawasan sekitar ini dan ingin menikmati beragam buahan segar dan unik hasil tanaman warga Desa Pelajar Ilir ini silahkan singgah. Selain segar, harga buahnya juga terjangkau.

Seperti harga cempedak ukuran besar dijual Rp15.000 per buah, ukuran kecil Rp10.000 per buah. Untuk buah durian harga bervariasi, mulai dari harga Rp15.000 sampai Rp25.000 tergantung ukuran. Sementara buah rambutan dijual Rp10.000 per Kg, dan duku Rp15.000 per Kg.

Laporan : Nasir

Editor     : Donny

 

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here