Tarif IMB Direvisi Tahun 2018

0
625

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU-

Tarif pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) perlu dilakukan pengkajian ulang. Karena perlu dirivisi ulang  IMB di awal 2018 nanti. “Tarif pembuatan IMB terlalu rendah, perlu pengkajian lagi dan rencananya akan revisi awal 2018,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Lubuklinggau, Ahmad Murtin, Jumat (27/10).

Saat ini, tarif yang dikenakan untuk pembuatan IMB di Lubuklinggau tergantung dengan lokasi bangunan. Dan tarif IMB di Lubuklinggau diakui Murtin, seharusnya lebih tinggi. Mengingat perkembangan Kota Lubuklinggau saat ini seperti pembangunan perumahan tengah menjamur, mall, ruko, dan hotel. “Tarifnya tidak sesuai lagi dengan perkembangan Kota Lubuklinggau saat ini,” ujarnya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Lubuklinggau Ahmad Murtin menargetkan untuk pencapaian pembayaran IMB di tahun ini sekitar Rp 2 miliar lebih. Dari target tersebut, saat ini hanya sementara mencapai  Rp 800 juta dan pihaknya akan terus melakukan upaya jemput bola sebab kesadaran untuk membayar masih rendah.

“Kita akan jemput bola, sebab kesadaran masih rendah,” bebernya.

Selain itu, ke depan pihaknya berencana akan membuka pelayanan publik satu pintu. Dengan memanfaatkan ruang paripurna eks Dewan. Rencananya ruang layanan publik itu meliputi layanan pembuatan KTP, BPJS, KK, dan akte kelahiran yang terpusat di ruang tersebut.

“Kita berusaha untuk membuat senyaman mungkin, karena ruang tersebut rencananya akan dilengkapi dengan adanya ruang untuk menyusui, ruang merokok, dan ruang konsultasi,” terangnya.

Dengan adanya ruang layanan publik satu pintu tersebut akan lebih mudah terhadap pelayanan kepada masyarakat dengan lebih efisien. Sebab masyarakat yang akan berurusan tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengurusnya, sebab layanan tersebut satu area. “Satu area, jadi tidak kemana-mana lagi,” pungkasnya.

Laporan            : Donna Apriliansyah

Editor/Posting    : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article