OKI

Tari Penguton Sambut Gubernur Sumatera Selatan

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Tari Penguton yang dibakukan sejak tahun 1992 sebagai tarian sekapur sirih Kabupaten OKI, difungsikan secara khusus untuk menyambut kedatangan tamu Kenegaraan atau tamu Pemerintah dalam Kedinasan.

Diceritakan oleh beberapa pakar budaya Kab. OKI bahwa tarian ini sudah ada sejak abad ke-18, jumlah personil tarian ini sendiri berjumlah 9 orang yang kesemuanya adalah perempuan.

Tarian ini menggambarkan pada masa itu daerah ini terdiri dari 9 Dusun/Marga yang dipimpin oleh seorang Depati yang sangat identik dengan sebutan morge siwe. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab. OKI, Ir. Ifna Nurlela melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Nila Maryati pada Momen besar Hari Ulang Tahun Kabupaten OKI Ke-73, yang digelar di Gedung DPRD setempat, Kamis (11/10).

Ia menambahkan bahwa, konon tarian ini sebagai akar terciptanya tarian Sekapur Sirih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yaitu tari Gending Sriwijaya dan di Tahun 2017 tarian inipun sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang setiap tahunnya tarian tersebut digelar dalam rangka penyambutan tamu Pemerintah pada setiap moment besar HUT OKI. ‘’Seperti yang kita gelar sekarang ini dalam menyambut kedatangan tamu istimewa Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru,’’ cetus Nila.

Sementara perayaan HUT ke-73 OKI yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM, Kasdam ll/Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial PSC MTr (Han) beserta Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dilangsungkan Rapat Paripurna istimewa VII tentang hari jadi Kab. OKI Ke-73 tahun 2018 yang dipimpin oleh Ketua DPRD OKI, H M Yusuf Mekki S.Sos dan dihadiri oleh Bupati OKI, H Iskandar SE bersama segenap OPD dan FKPD OKI dan tamu undangan lainnya.

Usai rapat Gubernur dan Bupati OKI beserta undangan lainnya langsung meninjau dan membuka perayaan OKI EXPO dengan meninjau satu persatu stand pameran OKI EXPO.

Setelah meninjau Stand pameran satu-persatu, Gubernur Sumsel beserta rombongan menyempatkan diri menuju Rumah Dinas Bupati OKI guna ramah tamah.

Laporan          : Aliaman
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button