TANGKAP PEMBAKAR LAHAN DAN PROSES

0
168

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Bertempat di Posko Karhutla BPBD Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Karhutla yang dipimpin oleh Staf Khusus Gubernur Bidang Penanggulangan Bencana Alam, H. Yulizar Dinoto, SH, Selasa (8/8/2017).

Rakornis yang dihadiri oleh Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. selaku Dansatgas darat yang diwakili oleh Kasi Teritorial Korem 044/Gapo Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. ini membahas tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam penanganan Karhutla yang terjadi di wilayah Sumsel, seperti melibatkan Dinas BPN agar lebih mudah dalam proses pemeriksaan lahan yang terbakar guna mengetahui siapa pemilik lahan terbakar tersebut.

Dalam sambutannya Yulizar menyampaikan bahwa semua instansi yang terlibat dalam Satgas Karhutla agar dalam melaksanakan siaga darurat bencana asap harus serius dalam menangani kebakaran. ‘’Kita malu dengan TNI yang sudah turun di lapangan saat terjadi kebakaran lahan pada hari Sabtu dan Minggu lalu di OI, segera diantisipasi jangan sampai terkenal secara nasional. Kalau ada yang bakar cari dan kita proses, termasuk tanah yang ada di pinggir jalan antara Palembang-Indralaya didata siapa pemiliknya dan siapkan Posko. Mulai hari ini buat jadwal siaga dan stand by di Posko tersebut,” tegas Yulizar.

Lebih lanjut Yulizar menyampaikan dalam waktu dekat seluruh Kades di wilayah Ogan Ilir dan OKI akan dikumpulkan di Posko Siaga Karhutla BPBD Prov. Sumsel untuk diberikan arahan oleh Satgas penegakan hukum agar tidak membakar lahan di wilayahnya.

Sementara itu Letkol Inf Feridian mewakili Dansatgas darat menyampaikan bahwa Korem 044/Gapo sebetulnya ingin melakukan pemetaan dan melihat aspek penyebab permasalahan dari setiap kasus kebakaran yang ada di wilayah yang tergolong rawan terjadi kebakaran atau pembakaran yang dilakukan secara sengaja, dan akan mempelajari setiap permasalahan dengan bagaimana memahami karakter dan modus dengan mencoba mencari solusi. Diharapkan dari hasil Rakor ini akan ada solusi yang nantinya sama-sama bisa dipraktekan untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Hadir dalam Rakornis tersebut Kasiter Korem 044/Gapo, Dandim 0401/Muba, Dandim 0402/OKI, BPBD OKI, BPBD Muba, BPBD Banyuasin, BPBD Ogan Ilir, Biro Ops Polda Sumsel, Danlanud SMH Palembang selaku Dansubsatgas Udara, Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas BLHP, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Balai PPI & Karhutla dan BMKG SMB II.

Sumber : Pendam II

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre