Tanggulangi Karhutbunla, Pemkab. OKI Turunkan Satgas Darat

10

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG-Antisipasi dan tanggulangi Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla) di wilayah OKI yang rawan kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan bersama Manggala Agni Daops III OKI terus mengoptimalkan Satgas Darat di kawasan yang terdampak kebakaran hutan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin S.Sos MM, mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) kita lepas ke lokasi kebakaran lahan di Desa Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam OKI,  agar solid, untuk itu kepada satgas kiranya dapat mematuhi petunjuk dan arahan pimpinan. Ia berharap kepada tim satgas untuk tetap menjaga kesehatan dan utamakan keselamatan.

“Semua tim satgas dapat bekerja sama dengan berbagai pihak serta selalu solid, dan patuhi petunjuk pimpinan,” ujar Listiadi, saat apel pelepasan tim satgas di halaman BPBD OKI, Kamis (05-09-2019).

Dikatakannya, tim satgas tersebut merupakan tim gabungan dari unsur TNI, Polri dan relawan setempat. Tujuan dilepasnya tim satgas ke lokasi untuk memperkuat tim darat dalam operasi penanggulangan kebakaran hutan, dan mendirikan tenda posko yang mendekati titik api.

”Tim satgas stand by dilokasi sampai padamnya api, bekerja sama dengan semua pihak dan masyarakat setempat guna mendapatkan dukungan serta partisipasi aktif dalam optimalisasi upaya penanggulangan,” ujar Listiadi, menambahkan, bahwa satgas ini bersinergitas dengan tim satgas Karhutbunla Kabupaten OKI, di bawah komado Dandim 0402 OKI/OI.

Tim satgas yang dilepas dikomandoi oleh Kasie SDM kepegawaian dan logistik, Benny Oktabrika dari Manggala Agni dan Kasie Kedaruratan dan logistik BPBD OKI, Fahrul Husni SSos MSi.

Listiadi menegaskan, tim satgas dilengkapi peralatan pemadam disertai empat unit mobil patroli dan resque serta logistik lainnya. Lalu untuk konsep kerja yang diterapkan kepada satgas adalah mencari sumber air terdekat.

Kepala Manggala Agni Daops III Kabupaten OKI, Candra Irfansyah SHut, menambahkan, bahwa tim satgas fokus di lokasi Sungai Bungin karena beberapa waktu yang lalu terbakar. ”Acuan tim satgas gabungan ini adalah firespot atau titik api yang berpotensi menimbulkan kabut asap,” pungkasnya.

Laporan      : Aliaman

Posting       : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here