Tak Perlu ke Negara Brasil atau Jepang,  Kini Tanaman Bunga Tabebuya Bakal Hiasi Taman Kota Lubuklinggau

23
Tak Perlu ke Brasil atau ke Jepang, Kini Tanaman Bunga Tabebuya Bakal Hiasi Taman Kota Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU Untuk menghiasi atau mempercantik wajah ibukota tentu banyak tanaman yang harus di tanam seperti Bunga Tabebuya. Saat ini bunga Tabebuya sudah terkenal dimana-mana, bahkan bunga Tabebuya itu cukup diminati dibeberapa kepala daerah di pulau Jawa dan sudah ditanam dipingir jalan perkotaan dan taman kota.

Hal itu membuat Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe terkepincut atau terkesima dengan keindahan bunga Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) yang berasal dari negara Brasil atau seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

Maka dari itu untuk mempercantik dan memperindah Kota Lubuklingga. Pemerintah Kota Lubuklinggau akan menjadikan bunga Tabebuya untuk menghiasi Jalan Kota dan Taman Kota Lubuklinggau. Seperti Taman Olahraga Perbakin atau Taman Olahraga Kayuara, Taman Olahraga Silampari, Taman Olahraga GOR Megang dan Taman Olahraga Teman.

Walikota Lubuklinggau H SN. Prana Putra Sohe mengungkapkan, sudah banyak contoh dibeberapa Daerah yang tatanan kotanya, telah dipercantik dengan bunga tabebuya yang berasal dari Negara Brazil atau seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

“Jadi memang benar Bunga tabebuya yang mirip dengan bunga sakura Jepang ini, akan mempercantik dan memperindah wajah kota Lubuklingga, dan bunga Tabebuya itu akan ditanam di jalan perkotaan dan taman kota di kota Lubuklinggau,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, H. Trisko Defriyansyah menjelaskan, bunga Tabebuya yang merupakan jenis tanaman yang mudah hidup dan mampu beradaptasi pada kondisi apapun, serta perawatan yang cukup mudah. Bahkan Bunga Tabebuya ini akan di tanam dijalan kota dan taman-taman kota dikota LubukLinggau.

“Bunga Tabebuya mempunyai ketahanan hidup yang sangat tinggi dan mampu beradaptasi dalam rentang kondisi yang cukup luas,”jelasnya.

Lanjut ia mengatakan, selain mempercantik dan memperindah jalan perkotaan dan taman-taman kota Lubuklingga, bahkan bunga Tabebuya juga mampu membersihkan dari populasi zat yang berbahaya.

“Bahkan bunga Tabebuya bisa juga jadikan jenis tanaman herbal yang dibuat seperti teh,”ujarnya.

Sedangkan Kabid Penerangan Jalan Umum Pertamanan dan Pemakaman (PJUPP) Misno Sarma menjelaskan, bunga hias yang ditanam di kota Lubuklinggau ini jenis bunga tabebuya. Karena di Kota Lubuklinggau baru proses penanaman maka masih terlihat kecil-kecil yang besar belum cukup daun, mungkin 3 bulan lagi akan tampak dedaunan dan untuk masa tumbuhnya lambat, untuk mencapai tinggi 3 meter perlu waktu lebih 1 tahun.

“Nanti di setiap lokasi taman akan kita tanam jenis tanaman hias tabebuya,”sebutnya.

“Saat ini kami masih mempelajari proses pembibitannya. Sehingga perlu waktu untuk pengembang biakan secara mandiri. Kita masih mempelajari cara pengembangbiyakannya karena jika harus membeli harganya relatif mahal,”tandasnya.

Laporan : San III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here