Tak Indahkan Perda, Baleho dan PKL Liar Ditertibkan

0
239
Teks foto: Petugas Satpol PP OKI saat menertibkan baleho dan PKL liar. (foto: ali)

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Dalam rangka menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kab. OKI serta menjaga keindahan dan ketertiban umum di wilayah hukum Pemkab. OKI, Satpol PP OKI melakukan pelepasan dan penertiban baleho dan PKL di sepanjang jalan di Kecamatan Kota Kayuagung.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat pol-PP) dan Damkar  Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kab.OKI), Alexander Bustomi  didampingi Kepala Bidang Ketertiban Umum Sat Pol-PP OKI, Abdurrahman menegaskan, sebagaimana tugas dan fungsi Satpol-PP selaku penegak Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan penegak Perda  Kab.OKI, maka berdasarkan Perda Kab.OKI nomor 13 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan ketertiban umum sebagaimana yang tercantum dalam pasal 38 perda tersebut “Dilarang memasang, atau menempel selebaran poster, pamflet, bendera, spanduk, dan sejenisnya di sepanjang jalan dan di pohon-pohon.”

“Sebelumnya kita telah mengimbau agar para pemilik baleho partai maupun baleho para balon bupati dan wakil bupati serta baleho Gubernur dan wakil gubernur dan baleho lainnya agar dilepas oleh pemiliknya. Namun hingga saat ini masih banyak terpasang di batang pohon dan di pinggir jalan, bahkan mengganggu pemandangan sekitarnya dan membuat kota semberawut. Begitu juga dengan PKL liar yang sering mangkal di depan shoping centre Kayuagung sudah beberapa kali kita peringatan jangan berjualan di pinggir jalan,karena selain  dilarang juga mengganggu jalan. Ya terpaksa kita tertibkan, sebab sebelumnya telah kita imbau baik melalui pemasangan plang tanda  pelarangan dan juga melalui media online beberapa waktu lalu. Maka, kita tertibkan secara paksa. Begitu juga dengan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sering mangkal di pinggir jalan terutama di depan shoping centre Kayuagung,’’ tutur Alexander.

Lanjutnya, ini dilakukan selain untuk menegakkan perda juga dalam rangka membantu menyukseskan dan mendukung persiapan Adipura tahun 2018. “Oleh karena itu, kepada semua masyarakat diharapkan agar berperan serta dalam menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan kota. Target kita adalah Kabupaten OKI dalam hal ini Kota Kayuagung dapat mempertahankan predikat kota kecil terbersih dan kembali meraih penghargaan Adipura di tahun 2018 nanti,” tandasnya.

Laporan            : Aliaman

Editor/Posting   : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article