Tak Ikut Jobfit, Pejabat Bakal Lengser

0
136

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Guna memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, dengan meletakkan pejabat sesuai dasar kemampuan, Pemkab Rejang Lebong dalam waktu dekat, juga akan melakukan uji kompetensi atau lebih dikenal dengan istilah jobfit. Jobfit yang akan diselenggarakan bakal melibatkan seluruh pejabat eselon II, III, dan IV. Jika tak mengikuti jobfit, maka pejabat bakal dilengserkan.

Rencana ini masih dalam tahapan persiapan. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Khirdes Lapendo Pasju selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Rejang Lebong, Senin (09/10) siang.

Khirdes menuturkan bahwa jobfit ini akan digelar secara bertahap, mulai dari pejabat eselon IV yang berjumlah lebih kurang 500 PNS, dilanjutkan dengan eselon III pada pekan berikutnya dengan peserta sebanyak 250 PNS. Terakhir uji kompetensi akan dilakukan bagi pejabat eselon II yang berjumlah 33 orang PNS.

“Kita akan minta para pejabat eselon untuk menjelaskan tupoksi dan tugas-tugas yang diemban nya, serta sinergisitas antara program nasional, dan rencana program daerah, yang dituangkan dalam bentuk tulisan tangan, sebanyak 25 lembar double folio. Kita juga akan melibatkan pihak Universitas Bengkulu sebagai panitia jobfit yang akan kita selenggarakan ini,” tambah Khirdes.

Uji kompotensi ini wajib bagi seluruh pejabat yang menduduki jabatan, dengan begitu akan memudahkan dalam memposisikan pejabat yang mumpuni untuk menduduki jabatan sesuai dengan kecakapan yang dimiliki.

“Uji kompetensi ini wajib diikuti seluruh pejabat eselon yang menduduki jabatan yang ada. Apabila para pejabat yang menduduki jabatan tak mengikuti jobfit yang kita selenggarakan, dengan kata lain bahwa pejabat tersebut dianggap tak layak menduduki jabatan yang saat ini diduduki, dan siap-siap untuk digantikan dengan pejabat yang lebih layak dan mumpuni di posisinya,” pungkas Khirdes.

Laporan : Benny Septiadi
Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article