Tak Ada Jaminan dari Polres, Eksekusi Lahan Ditunda

0
156

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau akhirnya membatalkan rencana untuk eksekusi lahan seluas 1,5 H yang dimenangkan Perum Damri, Kamis (10/8).

Eksekusi ini ditunda PN Lubuklinggau dengan alasan keamanan. Apalagi pihak Polres Lubuklinggau tak turut menjamin jika eksekusi tetap dilakukan.

“Eksekusi kita tunda karena tidak ada jaminan keamanan dari kepolisian, kita tunda sampai waktu yang tidak ditentukan,” cetus Humas PN Lubuklinggau, Hendri Agustian di lokasi lahan sengketa.

Menanggapi hal itu, salah satu warga berinisial YC mengatakan, pihak warga meminta kepastian hukum. ‘’Karena penundaan eksekusi tidak menyelesaikan masalah. Kami minta keputusan, kami minta kejelasannya. Jangan menjadi bom waktu, kami minta kepastian hukum, kami minta kepastiannya, kalau ditunda-tunda maka akan menjadi bom waktu,’’ tegasnya.

Dikatakannya, jika suatu saat masih akan dilakukan eksekusi maka massa yang akan datang lebih banyak lagi.

”Intinya kami warga sini minta kepastian hukum yang jelas. Yang kami tuntut disini empat opsi yang kami tawarkan untuk pihak PT.Damri,’’ tandasnya.

Kapolres Berdialog dengan Warga

Demo penolakan eksekusi lahan yang dimenangkan oleh pihak PT. Damri di Jalan Mayor Toha berjalan cukup kondusif. Meski demikian, warga sempat membakar ban dan memblokir jalan.

Namun api pun dipadamkan, blokiran pun dibuka. Hal itu dilakukan pengunjuk rasa setelah adanya jaminan dari Kapolres Lubuklinggau, AKBP Hajat Mabrur bahwa anggotanya tidak akan datang dan menghalangi warga.

Hajat Mabrur Pujangga yang datang ke lokasi eksekusi seorang diri dan langsung berdialog dengan pengunjuk rasa meminta agar api dipadamkan dan blokir jalan dibuka.

”Jangan sampai menganggu warga yang menggunakan jalan, saya datang sendiri tidak bawa anggota, jadi jangan ganggu jalan karena banyak warga yang mau lewat di sini,” ujar Kapolres.

Mendengar hal ini, pengunjukrasa mengikuti permintaan Kapolres untuk tidak membakar ban dan tidak memblokir akses jalan ke Bandara Silampari.

Laporan : Donna April

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article