Tahun 2018 Lahat Tak Rekrut CPNS

79

Sumateranews.co.id, LAHAT- Harapan para tenaga honorer dan paket setiap tahun tak lain adalah penerimaan CPNS baru, namun apa yang menjadi tungguan dan harapkan mereka di tahun 2018 belum terkabulkan.

Sebab untuk tahun ini, Pemkab Lahat memastikan tidak melakukan perekrutan CPNS. Sesuai syarat yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, daerah dapat merekrut CPNS dengan syarat rasio belanja pegawai dari APBD harus di bawah 50 persen.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lahat, H Rakhmat Surya Efendi, melalui Sekretaris Widi Widayanto menyatakan, hingga 2018 status pegawai di lingkungan Pemkab Lahat masih cukup, dengan total 6.974 orang.
“Dari Kemenpan belum ada informasi untuk perekrutan CPNS. Pasalnya, rasio belanja pegawai lingkungan Pemkab Lahat masih di atas 50 persen,” kata Widi, Rabu (11/7).
Lanjut Widi, selain dari beban kerja ASN yang ada saat ini sudah cukup. Perekrutan CPNS tidak bisa dilakukan karena sudah ada perekrutan di tahun 2016 dan 2017, dari tenaga kesehatan. Di antaranya bidan, penyuluh, dan dokter, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 106 orang.

“Baik jalur umum atau pun honorer, kondisi kita memang belum memungkinkan adanya perekrutan CPNS. Petunjuk dari Kemenpan juga belum ada,” jelasnya.

Ditanya bagaimana untuk tahun 2019 mendatang, Widi membeberkan, bisa saja ada perekrutan, dengan catatan rasio belanja pegawai sudah di bawah 50 persen. Untuk penurunan rasio belanja ini bisa saja terjadi, sebab jumlah pegawai terus berkurang.

“Setiap tahun pasti banyak pegawai yang pensiun, ada juga yang pindah tugas keluar daerah. Mudah-mudahan 2019, Lahat ada perekrutan CPNS,” pungkasnya.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here