HeadlineNusantaraSecond Headline

Surabaya Lebih Siap Hadapi Musim Hujan Tahun Ini Dibandingkan Tahun Kemarin!

Sumateranews.co.id, SURABAYA – Hari ini, Bu Risma sidak di beberapa lokasi mengecek kesiapan tersebut. Kunjungan pertama, Bu Risma melihat rumah pompa ikan mungsing. Lokasinya berada di Surabaya Utara. Genset dan saluran air pun dicek kesiapannya.

Tidak butuh waktu lama, Bu Risma mengajak kesiapan di ujung Surabaya barat. Rumah Pompa Sumberrejo dan tanggul teluk Kali Lamong. Tanggul ini memiliki panjang 12 km yang terhubung hingga rumah pompa. Selain itu, tanggul ini dibuat double, di tengahnya ada akses jalan.

Kawasan tanggul dan rumah pompa ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Manfaat tanggul ini, menjaga kawasan Surabaya barat dari meluapnya kali lamong.

Sedangkan Rumah Pompa Sumberrejo berfungsi untuk menjaga kapasitas air. Di sekitarnya, ada 6 waduk yang juga siap menampung air.

“Membuat tanggul kalau dari beton, kita gak punya uang. Jadi akhirnya buat tanggul dari tanah di sekitarnya. Tanahnya dikeruk sehingga bisa menjadi bozem,” kata Bu Risma.

Saat ini, kata Bu Risma, prioritas pengerjaannya yaitu pintu air dan pompa. Sedangkan rumah pompanya, akan dibangun usai kedua hal tersebut selesai.

Kunjungan terakhir, Bu Risma juga memantau pengerjaan box culvert di kawasan sememi yang belum selesai. Bu Risma, juga meminta agar pengerjaan box culvert tersebut diselesaikan segera.

Saat ini, pengerjaan box culvert diutamakan di kawasan yang kritis. Ini dikarenakan musim hujan yang akan segera tiba.

“Setiap rumah pompa ada genset. Tahun ini Surabaya lebih siap daripada tahun kemarin. Tuhan berencana, yang terpenting kita sudah berusaha”  tukas Tri Rismaharini.

Kalau kamu, sudah siapin apa nih buat sambut musim hujan?

Laporan : Agungeri

Editor     : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button