Pemprov Sumsel

Sumsel Miliki Kawasan Terpadu Embarkasi Haji

Sumateranews.co.id, PALEMBANG  – Sumsel miliki Kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama di Indonesia, Sejak dibangun pada 17 Mei 2014 yang lalu kawasan embarkasi terpadu Asrama Haji Palembang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Selasa (8/8) di Asrama Haji Palembang.

Berlokasi disebelah Asrama Haji Sumsel Kawasan terpadu embarkasi haji Provinsi Sumsel ini nantinya bisa digunakan oleh seluruh calon jemaah haji dan jemaah umroh di Sumsel untuk manasik sebelum menjalankan Ibadah Haji di Tanah suci. Saat ini Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumsel dilengkapi Ka’bah ukuran sebenarnya, Lintasan Sa’i, latihan melempar jumroh, mock-up pesawat, Museum Islam, dan hotel Syariah. Untuk Mock-up pesawat jenis Airbus 320. Nantinya, para jamaah dapat belajar dalam menggunakan kamar kecil di dalam pesawat mengingat jarak dari Indonesia menuju Tanah suci Mekah sangat panjang.

Untuk Lintasan Sa’i antara bukit Safa dan Marwa sepanjang 450 meter dengan suasana lintasan sai seperti bentuk sebenarnya dan dengan interior menyerupai seperti yang ada di komplek Masjidil Haram.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutanya saat meresmikan Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumsel menyebutkan Sumsel satu-satunya Provinsi di dunia yang memiliki kawasan terpadu embarkasi haji. “Ini semata-mata untuk kepentingan umat, hanya Sumsel yang konsisten dengan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Tidak ada tempat seperti ini di dunia. “Banyak Provinsi yang lebih kaya dari Sumsel. Tapi Alhamdulillah hanya Sumsel yang punya kawasan terpadu embarkasi haji,”ujarnya.

Orang nomer satu di Sumsel menambahkan, seluruh calon jamaah haji dan umroh di Sumsel bisa memanfaatkan kawasan terpadu embarkasih tersebut. “Kawasan terpadu ini akan menjadi icon dan wisata religi baru di Sumsel dan ini diperuntukkan untuk seluruh masyarakat di Sumsel,” pungkasnya.

Menurutnya, makna dari tempat ini luar biasa, kawasan terpadu ini akan menjadi icon dan wisata religi baru di Sumsel dan ini diperuntukan untuk seluruh masyarakat di Sumsel. “Mari kita bersatu bersama-sama membangun daerah ini,”tegasnya.

Kepala Biro Kesra Provinsi Sumsel Ahmad Nasuhi menyampaikan, dibangun kawasan terpadu embarkasi palembang ini sangat baik sekali. “Jadi calon jamaah haji dan jamaah umroh dan masyarakat umum bisa berlatih di kawasan tersebut sebelum keberangkatan sebenarnya,”tukasnya.

 

Laporan : Rill/SU

Editor     : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button