Sudah Sebulan Lampu Jalan Mati Total

0
107

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sudah sebulan belakangan ini, lampu jalan yang berada di kawasan RT 23 Kelurahan Bukit Lama hingga memasuki daerah Puncak Sekuning Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang mati total. Akibatnya, baik warga maupun pengendara yang melintas pun harus berhati-hati.

Selain gelap, suasana gulita malam yang berada di areal Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puncak Sekuning pun bisa menjadi rawan akan tindakan kriminal. ‘’Kalau saja petugas berwenang atau yang berkompenten selalu memantau keadaan lampu jalan sebulan sekali, mungkin masalah matinya lampu ini tidak akan terjadi. Sebab, belajar dari  pengalaman yang sudah-sudah, Lampu jalan wilayah TPU Puncak Sekuning biasanya akan menyala kalau ada pejabat yang dimakamkan malam hari. Salah satu contohnya adalah pada saaat  orang tua Kapolri mau dimakamkan beberapa tahun lalu, maka petugas malam hari pun sibuk menyalakan lampu jalan,’’ ujar Alam, warga sekitar, Kamis pagi (4/1).

Dari pantauan Sumateranews.co.id, matinya lampu jalan selain disebabkan adanya pohon  tumbang juga kabel penghubung antarlampu jalan banyak yang sudah mengalami kerusakan. Sebab sekitar 3 bulan lalu, ada lampu jalan yang mengeluarkan api, tapi langsung dibeneri petugas dan menyala sebagian. ‘’Ini sudah lebih sebulan lampu jalan mati, apa harus menunggu pejabat dimakamkan malam hari baru lampu diperbaiki. Itu kan namanya petugas terkait lampu jalan itu tak bertanggung jawab terhadap akan kewajibannya,’’ tambah Gani, warga lainnya.

Selain itu, pantauan di lapangan juga menunjukkan bahwa banyak dahan pohon yang mengganggu lintasan kabel hingga putus juga menjadi salah satu penyebab matinya lampu yang dimaksud. ‘’Jika petugas Tata Kota atau Pertamanan selalu memantau keadaan, harusnya dahan pohon tadi dapat dipangkas sehingga tak lagi mengganggu. Jangan sampai dahan dan pohon dijadikan kambing hitam kalau lampu jalan mati,’’ tandas Imam, Ketua RT setempat.

Laporan/Posting       : Imam Ghazali