PalembangSecond HeadlineSumsel

Sudah 1 Tahun LRT Sumsel Layani Masyarakat

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- PT KAI Divre III Palembang memberikan apresiasi kepada stakeholder yang telah mendukung keberadaan LRT Sumsel hingga saat ini menjadi transportasi alternatif bagi masyarakat.

LRT Sumsel PT KAI Divre III mengadakan malam apresiasi yang diselenggarakan di Hotel Wyndham pada Kamis, 25 Juli 2019 dengan mengundang unsur pemerintah daerah dan para stakeholder lainnya.

Pada awal beroperasi moda transportasi umum modern ini untuk mengakomodir kebutuhan transportasi bagi atlet, official, media asing dan dalam negeri pada pelaksanaan Asian Games bulan Agustus 2018 yang diadakan di Kota Palembang dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia karena apresiasi yang sangat baik dari atlet, official, media asing dan dalam negeri peserta Asian Games 2018.

Saat ini LRT Sumsel telah beroperasi dengan 58 perjalanan dari pukul 4.48 WIB sampai 20.32 WIB.

Kepala PT KAI (Persero) Divisi Regional III Palembang, Mochamad Purnomosidi menjelaskan LRT Sumsel dapat berjalan dengan baik memberikan pelayanan kepada masyarakat karena dukungan semua pihak.

Selama satu tahun ini PT KAI (Persero) sebagai operator telah melakukan sosialisasi dan kampanye#PAYO NAIK LRT, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD Pendukung, Perbankan, Masyarakat, Media Cetak, Elektronik dan Online serta seluruh stakeholder lainnya.

Saat ini masyarakat Sumatera Selatan khususnya Palembang sudah mulai merasakan kemanfaatan LRT Sumsel dengan tercatat telah mengangkut lebih dari 2.214.737 penumpang, dengan okupansi rata-rata weekday 5.000 penumpang dan weekend 10.000 penumpang.

Kemanfaatan LRT Sumsel juga dirasakan dari kalangan sekolah yang menjadikan LRT Sumsel sebagai sarana edukasi dengan adanya kunjungan ke Stasiun, lomba mewarnai, lomba baca puisi, lomba vlog, selain itu LRT Sumsel juga menjadi objek penelitian dari berbagai civitas akademika untuk belajar dalam hal teknologi, dan pelayanan.

Dari sisi kesehatan LRT Sumsel juga memberikan fasilitas pos kesehatan gratis yang ada di Stasiun yang terus melakukan sosialisasi melalui pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat di Car Free Day setiap minggunya.

LRT Sumsel telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang memungkinkan digunakan untuk semua kalangan karena telah memenuhi standar pelayanan minimum diantaranya fasilitas eskalator, lift, kursi roda, tempat duduk prioritas.

Selama 1 tahun LRT Sumsel telah tumbuh menjadi jantung transportasi Kota Palembang yang terintegrasi dengan Damri dan Transmusi. Dukungan semua pihak dibutuhkan untuk menjaga dan menjadikan LRT Sumsel sebagai transportasi utama masyarakat Sumsel yang juga memberikan dampak positif kepda seluruh masyarakat, tutup Mochamad Purnomosidi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Drs. Nelson Firdaus disela acara mengatakan LRT Sumsel sudah terkoneksi dengan moda transportasi lainya seperti Trans Musi, Damri,  Angkot dan Ojek selama kurang lebih satu tahun LRT Sumsel dirasakan berjalan dengan baik memberikan pelayanan kepada  masyarakat.

General Manager LRT Sumsel, Sofan Hidayah mengucapkan Terima Kasih dan mengapresiasi kepada Gubernur Sumsel yang memberikan kebijakan bagi seluruh ASN di Lingkungan Pemprov Sumsel untuk menggunakan angkutan umum yaitu LRT Sumsel pergi ke kantor dengan adanya kebijakan tersebut sangat berpengaruh pada kuantitas penumpangnya.

‘’Sedangkan untuk target nya kami mengupayakan ke depan bagaimana mempercepat perjalanan dari stasiun DJKA ke Bandara,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Kereta api ringan Rosita menambahkan sejauh ini belum ada kendala yang berarti untuk operasional LRT Sumsel.

Laporan : Andre

Posting  : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button