Suasana Politik OKU Makin Panas Jelang Pilkada 2020

300

Sumateranews.co.id, OKU — Panggung politik menjelang Pilkada serentak 2020 mulai memanas. Termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sudah bermunculan beberapa nama bahkan ada yang sudah secara informal mendeklarasikan berpasangan, yaitu Eddy Yusuf dan Lamazi. Sedangkan, pasangan petahana hampir pasti akan “pecah kongsi”. Kuryana Azis diperkirakan akan maju sebagai calon bupati untuk periode kedua dan Johan Anuar yang merupakan wakil bupati petahana akan maju sebagai calon bupati untuk pertama kalinya.

Namun, diantara Kuryana dan Johan sampai saat ini belum menentukan calon pasangannya masing-masing.

Beberapa nama bakal calon wakil bupati juga mulai bermunculan, diantara beberapa nama yang dianggap berpotensi untuk menjadi bakal calon wakil bupati adalah Tonni Syamsuddin. Tonni merupakan putra asli kelahiran Ogan Komering Ulu 39 tahun lalu. Tonni menghabiskan masa kecil hingga tamat SMA di Baturaja. Setelah menamatkan SMA tahun 1998, Tonni merantau ke Jakarta untuk kuliah di Universitas Trisakti pada jurusan Teknik Pertambangan, dan berhasil lulus dengan predikat lulusan terbaik pada akhir tahun 2003. Pada awal 2004 Tonni Syamsuddin mulai berkarier di PT. Freeport Indonesia (PTFI).

Selama di PTFI, Tonni pernah ditugaskan dibeberapa posisi dan pernah mendapatkan tugas belajar dengan beasiswa penuh dari pemerintah Australia untuk melanjutkan studi S-2 di bidang Manajemen Pertambangan di University of New South Wales Sydney, Australia. Tak lama berselang setelah kembali dari Australia, Tonni Syamsuddin kembali ditugaskan untuk bekerja di salah satu pertambangan milik Freeport Mcmoran di Arizona, Amerika Serikat dari tahun 2014 hingga 2016. Freeport Mcmoran adalah induk usaha dari PTFI. Sampai saat ini Tonni masih merupakan karyawan aktif PTFI.

Selain sebagai karyawan PTFI, Tonni juga aktif sebagai anggota dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan pernah menjadi calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk daerah pemilihan Sumatera Selatan 2, namun perolehan suara PSI yang cukup signifikan di Sumsel belum cukup untuk membawanya menjadi anggota DPR karena secara nasional perolehan suara PSI tidak mencapai syarat minimum electoral treshold 4%. Selain itu Tonni Syamsuddin pada ajang Pilpres 2019 juga dipercaya sebagai anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin dan sukses mengantarkan Presiden Joko Widodo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia terpilih untuk periode ke-2.

Ayah dari 2 orang anak ini ketika dihubungi via telepon menyatakan, siap maju di Pilkada OKU sebagai calon wakil bupati dan saat ini masih terus secara aktif menjalin komunikasi internal dengan PSI dan beberapa pihak lainnya sehubungan rencananya maju pada Pilkada OKU 2020 nanti.

Laporan : Novita/red

Editor.   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here