Stok Darah di UUD PMI Mulai Menipis

0
162
foto ilustrasi net

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Kondisi stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lubuklinggau mulai menipis sejak tiga hari terakhir.

Pelaksana Harian Teknisi UDD PMI Lubuklinggau, Budi Purwanto menjelaskan hingga dengan kemarin (23/11) stok darah A terdapat tiga kantong, B empat kantong, 0 lima kantong, dan AB dua kantong. “Stoknya mulai tipis sejak tiga hari terakhir,” jelasnya.

Meski dengan kondisi seperti itu, pihaknya mengaku dalam memenuhi kebutuhan stok darah meminta tolong bantuan  dari keluarga pasien untuk mendonorkan Darah. Dan kedepan, stok darah kondisinya akan ada. Sebab pada Jumat (24/11) dan Minggu (26/11) serta kedepannya lagi, cukup karena banyak kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan.

“Jadi dengan itu, stok darah mulai besok aman dengan dibantunya itu. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan cukup,” ungkapnya.

Sejauh ini, kebutuhan stok darah di UDD PMI Lubuklinggau perbulannya bisa mencapai 300 sampai 500 kantong darah.

“Paling banyak dibutuhkan adalah golongan darah 0, karena paling sering dipakai dan didonor kebanyakan golongan darah 0, paling banyak dapatnya juga golongan darah 0,” pungkasnya.

Laporan           : Donna Apriliansyah

Editor/Posting : Imam Ghazali