Sosialisasikan GERMAS, Dinkes OKI Gelar Lomba Mewarnai

0
423

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG­- Dalam rangka menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Dinas Kesehatan Provinsi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan TK. Lomba mewarnai sayur dan buah yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kayuagung  diikuti oleh ratusan peserta dari TK/SD se-Kecamatan Kota Kayuagung. Hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi, Khusnul, Kepala Dinas Kesehatan OKI HM Lubis SKM MKes beserta perangkatnya, para kepala sekolah dan guru TK/SD serta ratusan peserta lomba, Rabu (8/11/2017).

HM Lubis saat dikonfirmasi wartawan Sumateranews.co.id mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam hal ini membudayakan 3 hal yaitu, membudayakan gerakan fisik dalam kesehariannya, kemudian membiasakan makan sayur dan buah serta rajin memantau kesehatannya. GERMAS ini berdasarkan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 ditetapkan bahwa tanggal 27 Februari memberikan kita pedoman dalam melaksanakan gerakan mendorong masyarakat hidup sehat yang kita kenal dengan nama GERMAS.

Menyosialisasikan GERMAS ini melalui anak-anak TK, SD. ‘’Kita hari ini sengaja melakukan kegiatan melukis atau mewarnai sayur dan buah agar tertanam di anak-anak itu bahwa sayur dan buah itu penting dikonsumsi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan ini merupakan gerakan masyarakat secara nasional yang diinstruksikan presiden. Dimana untuk seluruh masyarakat di kabupaten agar menyosialisasikan kegiatan ini. Jadi sesungguhnya kegiatan ini sudah lama kita laksanakan, karena ini terkait dengan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional  ke-53 tahun 2017 yang akan diperingati pada tanggal 12 November nanti ini merupakan rangkaian dalam rangka menyosialisikan kegiatan GERMAS ini,’’ ungkap Lubis.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan hari kesehatan nasional. Selain itu pada hari Kamis (9/11) akan diadakan Tabligh Akbar oleh ibu-ibu pengajian. Jumat  (10/11) di gedung PKK akan memeriksa IPA dan memeriksa penyakit tidak menular, kanker payudara, membudayakan tidak merokok, bersih lingkungan dan jamban sehat. ‘’Kemudian pada hari Senin (13/11) akan dilakukan upacara di Pemda dan pada tanggal 16 November 2017, seluruh Pimpinan Puskesmas di seluruh Kabupaten OKI akan melaksanakan kegiatan GERMAS ini. Untuk itu kita berharap adanya partisipasi masyarakat dan setiap stokeholder agar kiranya membantu menyukseskan program ini,’’ tandas Lubis.

Dari pantauan di lapangan, selain dilakukan lomba mewarnai, penyelenggara kegiatan melalui tim pemandu acara juga melakukan bermacam-macam game. Mulai menyanyi, menghitung dengan memakai Bahasa Inggris, olahraga jogging, dan pembagian makanan bergizi (susu, pisang, dan makanan lainnya). Pemenang lomba selain mendapat piala, sertifikat atau piagam penghargaan juga uang pembinaan dan bingkisan menarik lainnya. Dan kepada seluruh peserta lomba mendapatkan sertifikat dari penyelenggara kegiatan.

Laporan           : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali