Sosialisasi Dana Desa, Kajari OKUS Instruksikan TP4d Tanggap dan Tegas

0
144

Sumateranews.co.id, OKU SELATAN- Sosialisasi pengelolaan dana desa bertempat di Kantor Kejari OKU Selatan yang pesertanya seluruh kepala desa se-OKU Selatan dilaksanakan agar penyerapan dana desa 2017 sesuai dengan tujuan dan peruntukannya. Karena itu Tim pengawalan pengamanan pembangunan pemerintah desa (TP4d ) dalam melakukan pendampingan dan pengawalan harus tanggap dan tegas.

Hal itu dikatakan Edi Ersan Kurniawan, SH MHum didampingi Ketua Tim TP4d yang juga
Kasi Intelijen Mario Churairo SH. Dikatakannya bahwa jajarannya akan secara intens monitoring dalam hal pengawasan dana desa tersebut. Mereka seperti kepala desa dan perangkat desa lainnya ujar Edi, jika tidak diberikan pemahaman yang baik mengenai penggunaan anggaran tersebut akan berdampak pada konsekuensi hukum. ‘’Oleh karena itu kami sekaligus memberikan bimbingan agar mereka tidak ragu menggunakannya,” katanya, Kamis (24/8).

Menurut Edi sosialisasi, pendampingan, dan pengawalan ‎dengan tujuan tidak ada keraguan pemerintah desa untuk menyerap dana desa, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Kemudian, penyimpangan dana desa dapat dicegah dan transpransi ikut kesertaan masyarakat desa dalam pembangunan desa meningkat serta kecerdasan dan ketatanan hukum pemerintah desa dan masyarakat desa meningkat.

Saat ditanyakan jika ada dugaan indikasi peruntukan dana desa yang tidak sesuai peruntukannya, Edi menegaskan para pihak jangan ambil resiko. ‘’Sebab jika ya ada tentu asas praduga tak bersalah berlaku. Tapi itu informasinya kita tampung itu ya, sebagai bahan masukan kita. Jika indikasi itu kuat adanya ya kita jemput,’’ tegasnya.

Kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Romzi menyampaikan sosialisasi, pendampingan dan pengawalan dana desa adalah kegiatan yang positif dalam rangka menyukseskan pembangunan agar sesuai dan bermanfaat untuk masyarakat. ‘’Jika niat kita baik pastilah tidak ada penyimpangan. Untuk di OKU Selatan ada 352 desa yang mendapat kucuran dana desa yang sama sama kita awasi.” tandasnya.

Laporan : Asmidan
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article