Soal IMB Rumah Dinas Pendeta, Komnas HAM RI Lakukan Pertemuan dengan Perwakilan Muslim dan Non Muslim Aceh Singkil

0
1024

ACEH SINGKIL – Ketua Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) RI, Ahmad Taufan Damanik melakukan rapat dengan pihak Bupati Aceh Singkil. Rapat membahas soal penyelesaian perizinan IMB rumah ibadah dan rumah dinas pendeta ini digelar di kantor Bupati, Senin (14/6/2021).

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan, kedatangan pihak Komnas HAM RI ke Aceh untuk meninjau dan mendengarkan secara langsung persolan kasus IMB rumah ibadah dan rumah dinas pendeta.

“Tentunya kita menyambut baik kedatangan ketua Komnas HAM dan rombongan ini, sehingga persoalan yang sudah lama berlarut tersebut bisa terselesaikan dengan baik,” kata Bupati Aceh Singkil Dulmusrid.

“Kita tidak ada menutup-nutupi semua terbuka, kita berharap semua pihak bisa memberikan solusi,” imbuh Bupati.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam kesempatan itu menyampaikan, kedatangan pihaknya ke Aceh Singkil guna membahas persoalan rumah ibadah dan rumah dinas pendeta.

“Kami datang kemari langsung mendengarkan kedua belah pihak baik dari umat Islam maupun dari pihak Nasrani terkait permasalahan rumah ibadah maupun rumah dinas pendeta,” ungkap Ahmad Taufan Damanik.

Ketua Komnas melanjutkan, beberapa bulan yang lalu pihaknya sudah melakukan mediasi di Banda Aceh di kantor Gubernur, dan sudah ada titik terangnya.

“Semua pihak setuju untuk melanjutkan musyawarah, makanya kami datang ke Singkil untuk bertemu langsung pihak bupati dan Forkopimda pagi tadi, ini barusan selesai bertemu dengan tokoh-tokoh umat Islam (FUI dan NU) dan sebentar lagi kita bertemu dengan pihak Kristiani,” ujar Ahmad Taufan Damanik.

“Harapan kita nanti secara bertahap masing-masing kita dengarkan, kita coba satukan lagi pandangannya baru duduk bersama,” tandasnya.

Laporan : Ramail III Editor : Donni