Soal Bakal Calon Bupati, DPC PDIP Lahat Masih Menunggu Rekomendasi DPP

0
425

 

sumateranews.co.id, LAHAT – Sampai saat ini Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Lahat, masih belum membocorkan siapa-siapa bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati yang akan mereka dukung. Meski ada beberapa nama kader yang sudah mengajukan diri dan melakukan sosialisasi, namun DPC PDIP Lahat masih menunggu rekomendasi DPP pusat.
“Belum tahu siapa calon pilihan, yang akan didukung mengikuti pertarungan pada Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” ungkap Ketua DPC PDIP Kabupaten Lahat, Herliansyah SH MHum ketika ditemui diruangannya, Senin (11/09).
Menurut Herli, sapaan akrab politisi yang saat ini menjabat Ketua DPRD Lahat, belum ditentukannya calon yang dijagokan dikarenakan sistem penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati di tubuh PDIP sedikit berbeda dengan partai lainnya.

“Mekanisme di tubuh PDIP sedikit berbeda dengan partai lainnya. Dalam hal ini DPC Kabupaten Lahat untuk calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2018, tidak mempunyai hak dan wewenang untuk mengajukan setiap bakal calon yang akan di usung nantinya,” jelas Herli.

Termasuk untuk melakukan rapat pleno maupun sejumlah bentuk kegiatan lainnya, dijelaskan Herli, tidak berhak dilakukan oleh DPC partai. Disinggung terkait penjaringan yang dilakukan partai beberapa waktu lalu, dikatakan Herli itu untuk memberi kesempatan kepada masyarakat, yang berminat dan ingin mencalonkan diri melalui partai PDIP.

“Segala sesuatunya masih tetap menunggu keputusan DPP, dan yang sudah mendaftarkan diri ke PDIP pada proses penjaringan yang lalu, kita pihak DPC hanya menampung dan selanjutnya menyerahkannya ke DPP nama – nama calon yang sudah mendaftar,” tandasnya.

Masih dikatakannya, dalam waktu dekat pihak DPP sendiri akan turun kelapangan bersama beberapa lembaga survey yang ditunjuk untuk mengevaluasi setiap calon yang ada. Dari hasil survey itu nantinya baru akan dikeluarkan rekomendasi terhadap calon bupati dan wakil bupati Lahat yang ditunjuk, dan didukung. “Sebagai perpanjangan tangan wakil dari partai, DPC PDIP Kabupaten Lahat siap mendukung apapun keputusan DPP,” tegas Herli.

Herli menambahkan, untuk surat keputusan diperkirakan akan keluar pada bulan November – Desember nanti. Hal ini mengingat pada januari 2018 sudah mulai tahap pendaftaran setiap pasangan calon, baik itu dari jalur partai ataupun jalur Independen. “Kita di DPC PDIP Lahat, akan siap mendukung siapapun yang direkomendasikan nantinya, untuk menang pada pilkada serentak tahun depan,” tukasnya.

Laporan : Novita
Editor : Abd Donni
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article