AdvertorialHeadlinePendidikanSumsel

SMAN 5 Palembang Gelar MPLS Ikuti Protokol Kesehatan

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – SMA Negeri 5 Palembang, Senin (13/07/2020) melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa barunya. Kegiatan MPLS yang diselenggarakan selama 1 hari ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Dalam pelaksanaan MPLS ini kita mengikuti Surat Edaran Gubernur. Sehingga MPLS yang rencananya kita jadwalnya selama tiga, tapi berdasarkan Surat Edaran Gubernur harus dilaksanakan hanya satu hari,” ujar Kepala SMA Negeri 5 Palembang Sumin Eksan., S.Pd., M.Pd melalui Waka Kesiswaan Sugio., M.Pd, ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (13.07/2020).

Namun walau 1 hari, lanjut Sugio, pihaknya membaginya menjadi tiga sesi. Setiap sesi berlangsung selama tiga jam.

“Palembang kan masih zona merah. Jadi MPLS ini kita bagi tiga sesi, agar ada jarak antar siswa saat MPLS berlangsung,” ungkapnya.

Disampaikan Sugio, selama MPLS para siswa diperkenalkan dengan wali kelasnya masing-masing, termasuk perangkat setiap kelas, dan peminjaman buku perpustakaan.

“Dalam MPLS ini, prosedurnya siswa datang kesekolah, harus pakai masker. Cuci tangan, penggunaan hand sanitizer. Tempat duduk antar siswa kita berik jarak 1,5 meter,” imbuhnya.

Masih dilanjutkan Sugio, sesuai Surat Edaran Gubernur mengenai sistem belajar daring yang diberlakukan hingga September 2020.

“Untuk proses belajar mengajar kita masih menggunakan sistem belajar daring. Berdasarkan Surat Edaran Gubernur sistem belajar daring hingga September. Kalau sudah kondusif siswa bisa masuk kelas tatap muka. Tapi kalau masih zona merah, sistem belajar daring bisa diperpanjang sampai Desember,” jelas Sugio.

Sugio menjelaskan, untuk proses belajar daring tidak jauh berbeda dengan belajar di sekolah. Karena guru tetap masuk sekolah, dan memberikan pelajarannya lewat daring.

“Dari Pemprov Sumsel juga ada program Sumsel Cerdas. Siswa belajar dari rumah, kegiatan pembejaran include. Ada evaluasi, ada soal ulangan. Aplikasi Sumsel Cerdas ini bisa didownload di play store, diaplikasi ini lengkap semua sistem kegiatan belajar siswa karena banyak soal soal.

Dengan sistem belajar daring, guru juga bisa belajar tetap seperti biasa tatap muka dengan siswa dengan cara zoom atau virtual,” tandasnya.

Terpisah, siswa SMAN 5 Palembang Olivia kelas 10 IPA 7 menambahkan, dirinya mengikuti MPLS untuk sesi kedua.

“MPLS ini kita dibagi perangkat kelas seperti ketua kelas, diberitahu tata tertib kelas. Kita juga diberitahu belajarnya nanti dengan cara online. Belum bisa tatap muka, karena masih dalam kondisi covid 19,” pungkasnya.(Adv)

Laporan : Are III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button