SMAN 4 Lahat Sekolah Dengan Segudang Prestasi

78

Sumateramews.co.id, LAHAT — Tidak selalu menutup kemungkinan bahwa pendidikan di desa tidak kalah hebat dengan pendidikan di kota. Salah satunya seperti di SMA Negeri 4 Lahat. Karena segudang prestasinya Sekolah Menengah Atas ini mendapat predikat Terakreditasi A dan menjadi salah satu sekolahan terfavorit di Lahat.

Keberhasilan SMA Negeri 4 Lahat ini pun tak terlepas dari sistem pengajaran dan pendidikan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari pengelolaan akademik dan prestasi yang diraih para siswanya.

“Para siswa yang duduk di sekolah ini telah banyak mengukir prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik dan tentunya membanggakan SMA Unggulan Negri 4 Lahat. Bahkan baru-baru ini, para siswa kita telah berhasil mengukir prestasi dalam bidang akademik, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan mendapatkan salah satu peringkat terbaik dari jumlah peserta yang mengikuti,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 4 Lahat Baslini Mpd, dibincangi dikantornya, Jumat (20/2019).

Baslini pun menuturkan, untuk masuk ke SMAN 4 Lahat para calon siswa harus melalui beberapa tahap seleksi ketat, diataranya seleksi nilai setiap tahunnya.

“Jumlah pendaftar di SMA Negeri 4 Lahat ini terus meningkat dan passing grade bagi calon siswa/sisiwi juga meningkat tiap tahunnya, tentunya banyak juga pendaftar yang tidak lolos tahap seleksi melalui nilai dan test” jelasnya.

Dari sistem pendidikan, lanjut Baslini juga  tidak jauh berbeda dengan sekolahan lainnya yang ada di kota- kota lain.

“Beberapa kali sekolah ini mendapat penghargaan dari pemerintah setempat. Sekolah ini juga sudah menerapkan kurikulum 2013 dan sekolah uji coba pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),’ jelas Baslini.

Masih dikatakan Baslini, untuk persentase siswa yang diterima di perguruan tinggi, Luar Negeri dan ikatan dinas tahun pelajaran 2018 /2019 pun cukup tinggi disetiap tahunnya.

Adapun jumlah dan persentase kelas yang lulus SNMPTN antara lain;

Kelas XII Mipa 1 lulus SNMPTN, 31 dari jumlah siswa 43 dengan persen lulusan 139%, XII Mipa 2 lulus 32 dari 44 siswa 138%, XII Mipa 3 lulus 32 dari 44 siswa 138% XII Mipa 4 lulus 32 dari 35 siswa 109% XIIMipa 5 Lulus 33 dari 39 siswa 118% XII IPS 1 lulus 31 dari 33 siswa 106 % XII IPS 2 Lulus 30 dari 37 siswa 123 %.

“Jumlah siswa keseluruhan kelas XII lulus SNMPTN, SBMPTN, Ikatan dinas, dan Tes berjumblah 221 dari jumlah siswa 275 dengan persentasi 124 %” tandas Kepsek.

Laporan : Novitha/Idham

Editor.  : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here