SKK Migas-KKS Sumbagsel Bersama LPDS Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik

19
SKK Migas-KKS Sumbagsel Bersama LPDS Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik

SKK Migas – KKKS Sumbagsel bersama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar dan mengumumkan hasil Lomba Karya Jurnalistik. Upaya itu ditempuh sebagaimana meningkatkan profesionalisme wartawan dalam memproduksi konten berkualitas di era multimedia saat ini.

Selain pengumuman hasil Lomba Jurnalistik, digelar pula sosialisasi verifikasi perusahaan pers. Momen itu diselenggarakan dalam kesempatan Webinar pada Minggu petang (22/11/20).

Kepala Departemen Humas SKK Sumbagsel, Andi Arie Pangeran menekankan, tujuan penyelenggaraan lomba karya jurnalistik ini, salah satunya adalah untuk meningkatkan kapasitas bagi kemampuan wartawan dalam meliput dan melaporkan fakta serta peristiwa berkaitan dengan industri migas.

“Kami bertekad terus menjalin kerjasama konstruktif bersama dengan teman-teman wartawan di wilayah ini,” kata Andi Arie.

Sementara itu, Direktur Eksekutif  LPDS, Hendrayana menyatakan, LPDS bertekad terus menjalin kerjasama yang apik bersama SKK Migas-KKKS Sumbagsel dalam meningkatkan profesionalisme wartawan.

“Para jurnalis sekarang perlu memahami dan menerapkan Kode Etik Jurnalistik dan UU ITE, sebagai wujud tanggung jawab jurnalis kepada publik. Mematuhi rambu-rambu pers merupakan keniscayaan dalam membangun kehidupan demokrasi,” kata Hendrayana.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri lomba karyatulis jurnalistik yang juga merupakan staf pengajar LPDS, A.A. Ari Wibowo mengatakan, “Tim juri terkesan dengan antusiasme rekan-rekan jurnalis dalam mengikuti lomba ini.”

Lomba Karya Jurnalistik ini diikuti oleh 23 jurnalis dengan total 33 karya jurnalistik. Penilaian yang dilakukan dewan juri didasarkan kepada lima hal, yakni kesesuaian topik, analisa, kelengkapan isi, akurasi, teknik penulisan, dan tata bahasa.

Melalui proses penilaian yang dilakukan didapatkan 4 pemenang dari Forum Jurnalis Migas Sumsel yakni Juara 1 Al Azhar, dari Harian Enim Express, Muara Enim, dengan total nilai 234. Karyanya berjudul Hulu Migas Dukung Pembangunan Daerah, Peduli di tengah Pandemi. Juara 2 Edward Haryadi, dari Sumsel update.com, Muara Enim, dengan total nilai 230. Karyanya berjudul Hulu Migas Hadir Membantu Masyarakat  di tengah Pandemi Covid-19.  Juara 3 Dwi Apriani, darimattanews, Palembang, dengan total nilai 225,5. Karyanya berjudul Tak Padam di tengah Pandemi, SKK Migas Sumbagsel Konsisten Tebar Bantuan bagi Masyarakat. Juara empat Tasmalinda, dari suarasumsel.id, Palembang, dengan total nilai 223. Karyanya berjudul Eukaliptus Pelangi Guna Merawat Bumi Meski di masa Pandemi.

Dan 4 pemenang dari Forum Jurnalis Migas Jambi yaitu Juara 1 Muhammad Surtan, dari Online Jambi.com, Jambi, dengan total nilai 238,5. Karyanya berjudul SKK Migas Berdayakan Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19. Juara 2 Dodi Saputra, dari Antaranews.com, Jambi, dengan total nilai 236. Karyanya berjudul Menstabilkan ekonomi masyarakat di masa Pandemi. Doddi Irawan, dari InfoJambi.com, Jambi, dengan total nilai 221,5. Karyanya berjudul Hulu Migas di tengah maraknya Illegal grinding dan pandemi Covid-19.  Juara 4 Ikbal Ferdiyal. dari MetroJambi.com, dengan total nilai 210,5. Karyanya berjudul Efek Berganda Hulu Migas ikut berpartisipasi Mencegah Penyebaran  Covid-19 di daerah operasi.

Kompetisi ini diharapkan dapat mempererat hubungan baik antara SKK Migas-KKKS Sumbagsel dengan jurnalisbaik yang terhimpun dalam Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel maupun Jambi. Dari pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan pula mampu membangkitkan semangat menulis informasi yang benar untuk disampaikan kepada publik bagi para jurnalis.

Sumber : Rilis SKK Migas III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here