Sistem Belajar Daring Tantangan Guru Hadirkan Terobosan Baru Dalam Memberikan Materi

58

PALEMBANGDunia pendidikan di Indonesia seakan memiliki paradigma pembelajaran baru. Paradigma tersebut, mulai tumbuh dan berkembang semenjak pandemi covid-19 melanda Indonesia dan sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan.

Semenjak itulah, proses kegiatan belajar mengajar di sekolah yang biasanya ada interaksi langsung antara guru dengan siswa di sekolah. Namun kini interaksi tersebut berganti menjadi pembelajaran berbasis daring (online) atau akrab dengan istilah pembelajaran jarak jauh.

Ilham Hapis Alkodri SPd MM, salah satu guru di SMP Negeri 4 Palembang dan juga SMA Quraniah Palembang akrab di sapa dengan  Ilham ini mengatakan dengan adanya sistem pembelajaran berbasis daring (online) tentunya bukan hal mudah bagi sebagian guru.

“Dengan adanya pembelajaran berbasis daring ini sudah tentu guru di tuntut harus mampu menghadirkan inovasi dan kreatifitas dalam penyampaian materi pada siswa.” kata Ilham saat dihubungi melalui WhatsAppnya, Selasa (03/11/2020) pagi.

Ilham yang merupakan Guru IPA dan Fisika ini menambahkan dengan hadirnya sistem pembelajaran daring tentunya menjadi tantangan bagi guru untuk menghadirkan terobosan baru dalam memberikan materi.

“Berbagai macam terobosan yang dihadirkan oleh setiap guru tentu bertujuan agar siswa tidak jenuh dan bosan dengan cara penyampaian materi yang diberikan” ucapnya.

Ia menyampaikan salah satu terobosan tersebut dengan membuat chancel youtube dengan nama akun Abu Dzammar, media komik melalui aplikasi whatsapp, bahkan zoom metting.

“Hal tersebut, saya lakukan agar siswa tidak jenuh dengan apa materi yang saya sajikan dan mudah untuk di akses siswa. Apabila mereka ketinggalan materi.” ungkapnya.

Masih dikatakan Ilham, tentu ada kendala dalam penyampaian materi dengan sistem daring. Namun, hal inilah menjadi tugas guru sebagaimana tertuang dalam 4 kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian.

“Ayo kita ciptakan inovasi dalam pembelajaran, karena mutu pendidikan akan meningkat apabila guru mampu menjalankan 4 kompetensi tersebut, tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga imun tubuh agar kita terhindar dari pandemi covid-19”, ajaknya.

Laporan : Danu III Editor : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here