EkonomiNusantaraPalembangPemprov SumselRagam RamadhanSecond Headline

Sinergi HIPMI Sumsel dan Pemerintah: Membangun Ekosistem Investasi untuk Kemajuan Sumatera Selatan

PALEMBANG – Masih dalam suasana bulan Ramadan yang penuh berkah, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, H. Agus Fatoni, bersama Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Sumsel, mengadakan buka puasa bersama, Sabtu (6/4/2024).

Acara ini tidak sekadar pertemuan rutin, melainkan sebuah momen penting untuk memperkuat silaturahmi dan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta di daerah ini.

Pada kesempatan ini, Agus Fatoni menekankan pentingnya kerja sama antara HIPMI Sumsel dan pemerintah dalam mewujudkan lingkungan investasi yang kondusif. “Kalau kita bersama-sama dan kompak, banyak yang bisa kita lakukan demi kemajuan Sumatera Selatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Fatoni.

Berbicara tentang potensi kolaborasi, Fatoni mengungkapkan, bahwa sudah banyak program yang dibahas bersama HIPMI Sumsel. Dari dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga optimalisasi sumber daya alam yang dimiliki Sumatera Selatan, semuanya dibahas dengan tujuan untuk kemajuan bersama.

Dari pihak HIPMI, Ketua Umum BPD HIPMI Sumsel, Kgs. Hermansyah Mastari mengatakan, bahwa tradisi buka puasa bersama ini menjadi sarana untuk mengumpulkan DPC HIPMI se-Sumsel guna bersilaturahmi dan bersyukur. Tahun ini, kegiatan tersebut semakin istimewa dengan kehadiran Pj Gubernur Sumsel, H. Agus Fatoni.

Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, buka puasa bersama ini juga menjadi momentum bagi HIPMI Sumsel untuk berbagi. Berbagai bantuan disalurkan kepada masjid, pondok pesantren, panti asuhan, ustadz, dan awak media di Kota Palembang.

Pertemuan ini juga menjadi ajang diskusi tentang bagaimana sektor swasta, khususnya HIPMI, dapat berkolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan UMKM dan menggali semua potensi yang ada di Sumatera Selatan. Pemerintah, dalam hal ini, berperan sebagai regulator, sementara HIPMI bertindak sebagai eksekutor.

Salah satu program ambisius yang sedang dirancang oleh HIPMI Sumsel adalah “HIPMI Goes to School, Go to Campus” dan rencana gerakan 10 ribu pengusaha muda. “Gerakan 10 ribu pengusaha adalah di mana anak muda Sumsel setelah tamat SMK memiliki branding untuk menjadi pengusaha. Sehingga, ketika mereka masuk ke dunia kerja, menjadi pengusaha menjadi pilihan pertama bagi mereka,” jelas Mastari.

Langkah-langkah strategis ini diharapkan dapat membawa Sumatera Selatan ke arah yang lebih maju, dengan ekonomi yang kuat dan masyarakat yang sejahtera. Kerjasama antara pemerintah dan swasta, seperti yang ditunjukkan melalui kegiatan buka puasa bersama ini, menjadi kunci penting dalam mencapai tujuan tersebut. (Manda)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button