Crime HistoryPalembangSecond HeadlineSumsel

Sikapi Kasus Dugaan Penyalahgunaan Narkoba, Polda Sumsel Tes Urine Puluhan Personelnya

PALEMBANG – Polri mewajibkan seluruh anggotanya untuk melakukan tes urine guna pencegahan penggunaan narkoba. Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi MM mengungkapkan sudah menerima laporan hasil tes urine anggota dari sejumlah Satker Polda Sumsel.

“Sebagian besar di beberapa Satker polda sudah lakukan itu (tes urine). Jadi sudah ada perintah untuk melakukan tes urine, dengan melibatkan biddokkes Dan Dit Narkoba Polda Sumsel,” ujar Supriadi dalam jumpa pers di Mapolda Sumsel, Senin (17/01/2022).

“Perintah tes urine ini merupakan tindak lanjut dari kasus kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Personel Polri dan kita melaksanakan upaya pencegahan dengan melakukan dengan mengedukasi serta pembinaan kepada anggota dan melaksanakan test urine dan apabila terbukti kita akan tindak tegas,” lanjut Supriadi.

Terpisah Kompol Ricky Nugraha Sik M.Si, Kaur BinPlin Subbid Provos Bid Propam Polda Sumsel mengatakan Bid Propam rutin melaksanakan pengecekan dan penertiban gampol, sikap tampang dan test urine dengan maksud dan tujuan agar mendisiplinkan kembali khususnya anggota Polda Sumsel, di antaranya Sabhara agar dapat melaksanakan tugas lebih baik lagi, serta dapat menjadi contoh pada masyarakat, baik sikap tampangnya, prilaku anggota tersebut agar dapat menjadi personel Polri yang Presisi sesuai harapan Kapolri.

Dia menyebutkan test urine terhadap Personel Polri kali ini dilakukan dengan sistem acak, dari setiap pleton diambil 10 orang, sampai 57 peserta.

Mantan Kabagops Polres Muara Enim ini menambahkan, perlu diketahui juga bahwa Provos khususnya Personel Urbinplin Subbid Provos Bidprovam Polda Sumsel bahwa sebelum melaksanakan pengecekan urine Kepersonel Satker lain, personel Provos sendiri dulu dicek urinenya diawali oleh Kaur Bin Plin dengan maksud bahwa Personel Provos sendiri diperiksa sebagai penegak hukum dan Disiplin Anggota Polri sebagai garda terdepan juga dicek,dan untuk mengubah image bahwa provos ditakuti, tapi disegani oleh personil khususnya Polri dan PNS Polda Sumsel dengan mengedepankan bahwa provos sebagai contoh,baik sikap tampang, atau penampilan, prilaku, sikap sebagai Anggota Polri, artinya membersihkan sapunya terlebih dahulu sebelum dipergunakan (action intern baru Eksteren).,

“Kedepan kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara mendadak baik waktu.dan.tempat,” ucap Alumni Akpol 2006. (King)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button