Siang Ini, Gunung Api Sinabung Keluarkan Letusan Besar

0
128
Erupsi yang terlihat dari Kantor Bupati Karo. (foto: sofi)

Siang Ini, Gunung Api Sinabung Keluarkan Letusan Besar

Sumateranews.co.id, SUMUT- Gunung Sinabung mengeluarkan awan panas luncuran besar dengan tinggi kolom lebih dari 5000 meter dan awan panas letusan dengan lucuran 4900 meter ke arah Selatan, Senin (19/2).
Letusan Gunung Api Sinabung kali ini termasuk sebagai letusan terbesar yang terjadi di tahun 2018.

Setelah erupsi, awan panas guguran masih terus berlangsung. Informasi yang didapatkan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Api Sinabung mencatat, sejak pagi hingga siang hari sudah terjadi 9 kali awan panas guguran.
Petugas PVMBG Umar Rusadi menjelaskan terjadi 1 kali erupsi pada pukul 08.53 WIB dengan tinggi kolom 5000 meter dan luncuran awan panas ke Selatan mencapai 4,9 kilometer serta ke arah Tenggara 3,5 kilometer diikuti 11 kali awan panas.

“Status gunung saat ini masih awas level 4. Jadi rekomendasi kita kepada masyarakat agar zona merah tetap tidak boleh ditempati dan tidak boleh dimasuki,” ujarnya kepada awak media di Pos PVMBG, Senin pukul 12.00 WIB tadi.

Umar mengimbau agar masyarakat untuk tidak tinggal di dalam rumah. “Imbauan kita untuk sementara agar masyarakat menjauh dan memakai masker dan kalau bisa jangan tinggal di dalam rumah. Karena ketakutan kita kalau abu menumpuk di atap seng bisa ambruk,” tegas Umar.

Untuk warga yang rumahnya terdampak abu diharapkan agar segera membersihkannya. Erupsi itu menyebabkan beberapa Kecamatan gelap gulita termaksud Kecamatan Naman, Munthe, Tiga Nderket, dan Kecamatan Payung.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali