Si Jago Merah Nyaris Hanguskan Perkebunan Sawit Warga Desa Labuhan Permai

33

Sumateranews.co.id, MESUJI – Musim kemarau kembali menyebabkan kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Mesuji, Rabu (8/10/2019). Bahkan, kebakaran kali ini nyaris menghanguskan lahan perkebunan sawit milik warga Desa Labuhan, Kecamatan Way Serdang, kabupaten Mesuji.

Hingga peristiwa ini diberitakan belum diketahui penyebab api. Selain menyebabkan sebagian lahan perkebunan sawit warga ludes, kobaran api juga hampir merayap ke pemukiman warga.

“Api belum tau asalnya dari mana, dan hampir menghabiskan perkebunan sawit milik warga,” ungkap Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, Rabu (8/10).

Dikatakan Kapolres, pihaknya langsung terjun ke lokasi karhutla begitu menerima informasi kebakaran di lahan perkebunan sawit warga.

“Mengetahui adanya kebakaran kita langsung saja kelokasi untuk berusaha memadamkan api agar tidak melebar ke rumah warga yang ada di lokasi perkebunan sawit yang terbakar,” sebut Kapolres Mesuji.

Menurut Edi Purnomo, kebakaran lahan gambut sudah beberapa kali terjadi di musim kemarau saat ini.

“Saat mendengar ada kebakaran lahan kami dan anggota datang ke lokasi kejadian, dan berusaha memadamkan kobaran api agar kebakaran tidak meluas,” kata Edi Purnomo.

Lanjut Edi, berdasarkan catatan Polres Mesuji, kebakaran hutan gambut di perkebunan sawit dalam beberapa bulan terakhir sudah terjadi berulang kali.

Dijelaskan Edi, kebakaran tak hanya menghanguskan sebagian lahan gambut dan kebun sawit milik warga setempat, namun juga mengakibatkan Jalan Lintas Timur Sumatera macet akaibat dampak asap kebakaran tersebut.

“Lokasi kebakaran jauh dari sumber air, jadi kami berusaha padamkan api secara manual dengan alat seadanya. Alhamdulillah dapat kami atasi,” tukasnya.

Laporan : Aan S

Editor.    : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here