Setrum Ikan dan Miliki Shabu, Dua Warga Muratara Diringkus Polsek Rawas Ilir

57

Sumateranews.co.id, MURATARA- Suhaimi (32) warga RT 01 Kelurahan Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara dan Darmansyah (29) warga Dusun III Desa Beringin Makmur I Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara diringkus anggota Polsek Rawas Ilir Polres Musirawas.

Diringkusnya kedua pelaku tersebut  karena melakukan penyetruman terhadap ikan di sepanjang Sungai Rawas Kecamatan Rawas Ilir dengan menggunakan jenis setrum, Kamis, Kamis (15/8/2019) sekira pukul 19.00 WIB di tepian Sungai Rawas Desa Beringin Makmur I Kec Rawas Ilir Kab Muratara.

Kapolres Musirawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Rawas Ilir Iptu Afrinaldi didampingi Kanit Reskrim Polsek Rawas Ilir Aipda Asri membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Hal itu bermula adanya informasi dari masyarakat bahwa pelaku penyetruman ikan menyimpan mensin setrumnya di dalam semak-semak di tepian Sungai Desa Beringin Makmur I Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara.

“Ada beberapa alat dan mesin setrum yang disimpan oleh pelaku penyetruman ikan dan di tempat tersebut. Serta, sering digunakan para pelaku penyetruman ikan di sungai untuk merakit, serta menyimpan alat mesin setrum sebelum dan sesudah pelaku melakukan penangkapan ikan di sepanjang aliran sungai Rawas Kec. Rawas Ilir dengan menggunakan bahan berbahaya jenis setrum. Selain itu para pelaku juga menjadikan tempat tersebut untuk mengonsumsi narkoba jenis shabu sebelum melakukan penyentruman ikan,’’ jelasnya.

Kemudian, Kapolsek Rawas Ilir Iptu Afrinaldi memerintahkan Kanit Reskrim Aipda Asri dan anggota untuk lidik terkait kebenaran informasi tersebut. Dari hasil penyelidikan anggota di lapangan ternyata benar.

Kamis tanggal 15/8/2019 petugas melakukan pengintaian di sekitar tempat tersebut. Dan, sekira pukul 19.00 WIB datang 2 orang menggunakan 1 unit ketek mesin dan mendekati tempat dimana disimpannya alat dan mesin setrum.

“Dua orang tersebut mengambil mesin setrum dan mulai merakitnya untuk dibawa ke atas ketek milik pelaku, namun pada saat ke dua orang pelaku tersebut sedang merakit alat setrum dan mesinnya, Kanit Reskrim beserta anggota langsung melakukan penangkapan terhadap ke duanya. Didapatkan juga 1 bungkus plastik klip kecil yang berisikan serbuk kristal putih yang diduga narkoba jenis shabu dari dalam kotak rokok Marlboro milik pelaku serta ditemukan juga alat isapnya milik keduanya,” bebernya.

Kurang puas dengan hasil tersebut selanjutnya Personil Polsek Rawas ilir, masih melakukan pengintaian terhadap pelaku setrum lainnya. Setelah kurang lebih 30 menit datang lagi 1 orang pelaku menggunakan 1 unit ketek mesin mendekati tempat tersebut.

“Pada saat hendak dilakukan penangkapan oleh personil Polsek Rawas ilir pelaku berhasil melarikan diri dengan cara mencaburkan diri ke sungai dan menyeberangi sungai, namun Personil Polsek Rawas ilir berhasil mengamankan 1 unit ketek mesin dan mesin setrumnya,” katanya.

Lebih lanjut, Kanit Reskrim beserta Personil Polsek Rawas Ilir masih tetap melakukan pengintaian di sepanjang tepian sungai hingga pukul 22.00 WIB. Dan datang lagi 1 orang menggunakan 1 unit ketek mesin mendekati tempat tersebut. “Saat personil Polsek Rawas Ilir mendekati orang tersebut, orang tersebut langsung terjun ke sungai melarikan diri menyeberangi sungai, namun 1 unit ketek mesin yang lengkap dengan alat setrum milik pelaku tersebut berhasil  diamankan kembali,” ujarnya.

Selanjutnya pelaku berikut BB yang diduga narkotika jenis Shabu tersebut serta 3 unit ketek lengkap dibawa dan diamankan ke Mapolsek Rawas Ilir guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa 3 unit ketek mesin, 4 unit mesin setrum terdiri dari 1 mesin berkapasitas 500 voltase dan 3 mesin berkapasitas 300 voltase serta alat setrum, kawat timah seberat satu kilo (untuk digantung di pinggir but sebagai massa dari strum).

Laporan          : Shandy April

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here