LubuklinggauSecond Headline

Setiap Orang Memiliki Kesempatan Berbicara di Depan Publik

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Ikatan Keluarga Alumni Fisip Universitas Sriwijaya (IKA-Fisip Unsri) Palembang, Sumatera Selatan bekerjasama dengan Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) mengelar Coaching Public Speaking. Dilaksanakannya kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya mengembangkan ke ahlian dan keterampilan seseorang berbicara di depan publik, Senin (18/03/2019).

Kegiatan Coaching Public Speaking menghadirkan moderator dari Direktur Cinda Citra Palembang Feby Yoland Effendi, S.IP, M.Si dan Fatkurohman, S.Sos. Acara dibuka langsung oleh Ketua IKAF Provinsi H. Rudi Irawan S.Sos didampingi Ketua Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) Agoes Kurniawan.

Feby Yoland, kegiatan Public Speaking seperti ini sangat penting, karena tidak semua orang mampu berbicara di depan publik. “Setiap orang itu memiliki kesempatan untuk berbicara di depan publik, tidak hanya untuk tokoh politik, selebritis saja yang memiliki kesempatan dan kemampuan berbicara di depan publik,” ujarnya.

Kemampuan Public Speaking sangat penting bagi masyarakat khususnya kaum muda milenial agar memiliki kemampuan berbicara dan sekarang ini kemampuan berbicara bisa dijadikan profesi.

Sesangkan, Host dan RD BP Trijaya FM, Fatkurohman S.Sos yang diundang selaku pembicara mengatakan bahwa publik speaking menjadi sangat terkendala bagi seseorang yang punya masalah psikologi, seperti nervous, grogi, gelisah dan takut saat berbicara dan berinteraksi di depan umum.

“Bahwa kemampuan berbicara di depan umum merupakan aset dan investasi yang sangat berharga jika digeluti. Semakin diasah, semakin berharga, dan ada nilainya,” ujarnya.

Lanjutnya, apalagi jika dikaitkan dengan jabatan atau di dalam organisasi, maka seseorang akan ketergantungan dengan public speaking.

“Untuk terampil di bidang ini, intinya mesti rajin membaca sebagai landasan pengetahuan dan ditempa dengan pengalaman untuk sukses berbicara di depan publik,” ungkapnya.

Lanjutnya, selain banyak membaca dan pengalaman, ada tips serta trik untuk bisa bersikap santai dalam menghadapi publik bagi Anda yang bersiap-siap untuk terjun menekuni bidang ini.

Sementara itu Ketua Himpunan Jurnalis Daerah (HJD), Agoes Kurniawan, menyambut baik kegiatan seperti ini. Dia berharap pemerintah baik Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, dan Kabupaten Musi Rawas Utara juga mengadakan kegiatan Public Speaking seperti ini.

“Kegiatan seperti ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini banyak masyarakat tidak menguasai Public Speaking atau tidak memiliki kemampuan berbicara di muka umum. HJD sangat mendukung jika pemerintah yang ada di MLM menyelenggarakan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

 

Laporan          : Shandy

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button