LampungMenuju Pemilu 2024PolitikSecond Headline

Serba-Serbi Nobar Debat Capres Semalam

Sumateranews.co.id, BANDARLAMPUNG – Endorsement gratis TaniHub, perusahaan e-dagang komoditas agrokultur, diksi seksi “ganti untung” dan bebunyian tanya “cukup jelas Pak?” yang ikut jadi isi aksentuasi kosakata debat capres 01, pejawat Joko Widodo (Jokowi), dalam segmen Debat Calon Presiden Pemilu 2019 sesi II, Minggu (17/2/2019) malam, cukup menyita ruang lihat dan ruang dengar publik debat.

Pun halnya, gaya santai tapi tajam ala capres 02 Prabowo Subianto ketika membombardir lawan debatnya kritik pedas soal program sertifikasi tanah dan pembangunan infrastruktur, pada debat bertema “Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Infrastruktur”, di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat itu.

Berlangsung sesuai prediksi publik pemilu Tanah Air, debat dipandu duet moderator Tommy Tjokro-Anisa Dasuki pukul 20.00-22.15 WIB malam tadi, relatif mampu mengerek ketertarikan dan menahan pemirsa debat untuk tidak buru-buru pindah channel televisi, atau tetap bertahan di tempat nonton hingga debat usai.

Pantauan redaksi selama debat, di sejumlah wilayah, mulai Jalan Darussalam, Langkapura, pukul 21.05 dan berakhir di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, pukul 23.15 WIB, Minggu malam, antusiasme publik debat itu kental.

Di RM Puti Minang Darussalam, tepat samping kiri arah masuk jalan sama, sejumlah karyawan dan pengunjung serius menyimak debat di layar TV.

Menyusuri Jalan Pagar Alam, Gang PU, Kedaton, satu gerai supermarket dan satu cafe terpantau menyetel tayangan debat. Gedung Darmapala, sekretariat Bravo 5 Lampung, sekaligus markas Relawan Siger Bersatu (RSB-01) –forum koordinasi 32 organ relawan pemenangan paslon pejawat Jokowi-Ma’ruf Amin, nampak lengang tanpa aktivitas saat redaksi melintas.

Koordinator RSB-01, yang juga Ketua Bravo 5 Lampung Dr Andi Desfiandi MA, ditemani Sekretaris M Endi Saputra Hasibuan MM MH dan bendahara Ary Meizari Alfian MBA, memilih bergabung nobar debat di Rumah Juang Nazarudin, posko pemenangan Caleg DPRD Lampung Dapil Lampung VI asal Partai Hanura, AKBP Purn Nazarudin di

Suasana nobar debat capres Pemilu 2019 di Rumah Juang Nazarudin, Jalan Pulau Legundi, Gang H2 O Nomor 26A, Sukarame Bandarlampung, Minggu (17/2/2019) malam. (foto: mzl)

bilangan Sukarame, Bandarlampung.

“Bravo 5 kabupaten dan kota se-Lampung nobar masing-masing. Pengurus DPD, semua relawan RSB-01, juga nobar kok. Dengan inisiatif dan kreativitas masing-masing. Menjaga basis,” kata Andi Desfiandi menanggapi, saat dihubungi mengaku telah berada di Rumah Juang Nazarudin.

Sementara itu, saat menyusuri Jalan Soemantri Brodjonegoro (jalur dua kampus Unila), Gedongmeneng, Bandarlampung, Minggu (17/2/2019), tadi malam, belasan anak muda terlihat santai sambil nonton live streaming Debat Capres Pemilu 2019, lewat gawai mereka, di tiga kedai kanan jalan.

Hal sama redaksi dapati kemudian di sedikitnya 33 cafe tenda dan pedagang gerobak sepanjang dari Museum Lampung di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, hingga Pasar Koga, Jalan Teuku Umar, Kedaton.

Di sepanjang Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, redaksi mendapati nobar debat yang terdesain rapi di Cafe Tegar TV, Gedongmeneng, pukul 21.52 WIB. Sebuah LCD screen lumayan besar terpasang di sudut kanan samping tempat bartender.

Puluhan pengunjung milenial saling akrab menikmati kopi, ngemil kudapan, rerata bergawai, sesekali berbincang seru mengomentari jalannya debat. Terutama usai segmen empat.

Lanjut, redaksi juga memotret animo warga dua restoran siap saji, satu di sisi jalan deretan kampus UBL, satu lagi di sisi arah berlawanan. Puluhan pengunjung asyik di mejanya masing-masing, rerata terpantau fokus ke layar kaca di kedua gerai, menyimak kedua capres saling tanggap tanya segmen yang sama.

Fajar (25), yang mengaku pengunjung, terlibat diskusi serius di sela debat, dengan Metal, pengelola cafe Warung Nongkrong, Jalan ZA Pagar Alam 30, Labuhanratu, Kedaton.

Dihampiri redaksi, pukul 21.55 WIB, ia mengaku pula telah bulat pilihan. Dan meyakini, pilihan capres-cawapres idolanya itu tak tergoyahkan tanpa harus menunggu lima sesi debat usai. “Buat saya, memilih calon presiden itu soal keyakinan. Saya yakin sudah dengan pilihan saya,” ungkap Fajar, disaksikan Metal mengangguk-angguk di seberang meja kongkow keduanya.

Berbeda dengan Said (44), tukang parkir yang sehari-hari mengais rezeki di parkiran sebuah bank swasta di Jalan Raden Intan 40, Tanjungkarang. Kepada redaksi, pukul 22.33 WIB, warga Kaliawi, Tanjungkarang Pusat, itu menegaskan akan memilih Jokowi-Ma’ruf Amin pada 17 April nanti.

Ditanya alasan, Said yang mengakui memilih paslon Prabowo-Hatta Pilpres 2014 silam, supaya petahana bisa fokus melanjutkan capaian kinerja pemerintahannya sejauh ini.

Ada lagi? “Udah itu aja,” singkat Said, didesak memperkuat argumennya, seraya menginfokan banyak warga tempat tinggalnya yang nonton debat.

 

Laporan          : Muzzamil

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button