Sepesialis Pembobol Kantor Diringkus, Pelaku Lain Dalam Pengejaran

153

Sumateranews.co.id, LUBUK LINGGAU – Masih ingat pada 12 Februari 2018 lalu, saat kejadian pembobolan Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuk Linggau, sehingga menggegerkan warga Kelurahan Kayu Ara. Pasalnya, sebagian besar alat elektronik di kantor yang terletak di Kompleks Perkantoran Walikota Lubuklinggau ini digondol maling.

Sabtu (7/4) malam, Polisi Polsek Lubuklinggau Barat berhasil meringkus tiga dari empat kawanan pembobol Kantor BKPSDM tersebut.

Mereka yakni Pairo Simpono alias Wiro (18) dan JD (17) warga Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Lalu Agus Den Fiter Yansah alias Piktur (30) warga Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I merupakan penada barang elektronik tersebut.

Saat ini ketiganya, masih ditahan di Mapolsek Lubuklinggau Barat beserta barang bukti diduga hasil curian. Diantaranya, 2 laptop, satu televisi merek toshiba jenis LCD, dua receiver, satu kompor gas, satu tabung gas 3 Kg, satu telepon kantor, satu tp-link wifi serta uang kotak amal apabila dihitung keseluruhan Ratusan Juta.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat, Iptu Sofian Hadi mengatakan, bahwa telah meringkus tiga spesialis pembobol kantor BKSDM serta pelaku kasus Curat yang selama ini menjalankan aksinya di Kota Lubuklinggau dan Kantor Lainnya.

“Saat ini, tersangka beserta barang bukti masih kami amankan guna dilakukan penyidikan lebih lanjut, pelaku memang merupakan sepesialis pembobol perkantoran,” kata Sofian Hadi, Senin, 9/4.

Sofian Hadi menjelaskan, ketiga tersangka diringkus setelah melakukan penyelidikan dan mendapat informasi dari warga bahwa tersangka JD sedang berada di rumahnya.

“Lalu, saya bersama dengan anggota langsung meluncur ke lokasi. Ternyata saat tiba di lokasi memang tersangka berada di lokasi sebagaimana yang diinformasikan warga,” jelas Kapolsek.

Anggota langsung meringkus JD. Lajang yang masih di bawah umur itu tidak melakukan perlawanan. Setelah dilakukan pengembangan, tersangka mengakui telah mencuri di Kantor BKSDM. Dan dibantu oleh dua orang temannya yakni Wiro dan OE.

Kemudian langsung menuju ke rumah tersangka Wiro masih di Kelurahan Kayu Ara dan langsung menggerebek tersangka Wiro.

Selanjutnya, dilakukan pengejaran di rumah OE di Desa Tanjung Sanai, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kabupaten Rejang Lebong.

Namun, saat tiba di lokasi ternyata OE tidak berada di rumahnya, hanya saja saat dilakukan penggeledahan di rumah OE. Ditemukan barang bukti diantaranya, tiga unit layar monitor merek Lenovo berikut chargernya dan keyboard disita dan dibawa ke Polsek Lubuklinggau Barat.

Kapolsek menambahkan, ketiga tersangka diringkus berdasarkan laporan polisi Lp/B / I3 /2018/ Llg/Sek Brt. Korban, Adit (30) PNS Jalan Perumnas Permata Griya Asri, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kejadian pencurian, terjadi di kantor BKSDM Pemkot Lubuklinggau, sekitar pukul 07.00 WIB, Senin (12/2). Diduga tersangka masuk dari pagar belakang dengan cara memotong kawat duri, kemudian mencongkel jendela ruangan kepala bagian, lalu tersangka masuk mengambil barang-barang di dalam kantor BKPSDM .

“Maka dari laporan itulah, kami meringkus tersangka, sedangkan untuk tersangka EO saat ini masih dalam pengejaran Polsek Lubukkinggau Barat, ” tutupnya.

 

 

Laporan : Shandy April

Editor     : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here