Seorang Siswi SMP Melahirkan, Terungkap Pelakunya Ayah Tirinya Sendiri

0
504

Sumateranews.co.id, MUARAENIM – Kasus seorang pelajar melahirkan, kembali terjadi. Kali ini terjadi di Desa Prabu Menang, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muaraenim, Sumsel. Seorang siswi yang masih duduk dibangku SMP, sebut saja Mawar (14) dilaporkan warga setempat melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki. Peristiwa itupun spontan menghebohkan warga setempat, pasalnya siswi SMP ini baru 2 bulan pindah dan tinggal di desa tersebut.

Usai diinterogasi Kepala Desa setempat dan petugas Polsek Lubai, Mawar akhirnya mengaku dirinya hamil hingga melahirkan karena digauli oleh ayah tirinya sendiri, yakni Ginanjar (28). Kasus seorang siswi SMP melahirkan inipun, sudah dilaporkan ke Polsek Lubai.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut terungkap saat warga tetangga korban tinggal tiba-tiba dikejutkan dengan suara tangisan anak bayi yang baru lahir, pada Kamis (08/03/2018) kemarin. Warga yang penasaran mencoba mencari tahu, sebab selain masih sekolah dibangku SMP, korban juga diketahui belum bersuami.

Kaget mengetahui siswi SMP itu benar melahirkan seorang bayi laki-laki, membuat warga langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Kades Prabu Menang, Yusuf Efendi. Usai menunjuk salah satu Kepala dusunnya untuk memeriksa kebenaran kejadian itu, selanjutnya kasus anak dibawah umur melahirkan tersebut langsung dilaporkan pihaknya ke Polsek Lubai.

Petugas Kepolisian sector Lubai pun tak membutuhkan waktu lama untuk menangkap pelaku pencabulan yang menghamili korban. Setelah mengetahui pelakunya adalah ayah tirinya sendiri, dan diketahui masih berada di Baturaja (OKU Induk), selanjutnya petugas langsung bergegas berangkat menangkap pelaku. Tersangka Ginanjar sendiri berhasil diringkus, saat sedang belanja di salah satu Mall di Baturaja.

Saat ditangkap pelaku yang hanya terlihat pasrah, sempat menjadi tontotan pengunjung dan karyawan Mall yang penasaran melihat pelaku ditangkap oleh sejumlah polisi berpakaian preman.

Kapolres Muaraenim, AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kapolsek Lubai, AKP Indra didampingi Kasubag Humas AKP Agus Arsyad mengatakan, saat ini korban masih dalam tahap pemulihan dan kondisi bayinya dalam keadaan sehat. Sementara tersangka saat ini sudah diamankan dan dalam pemeriksaan pihak penyidik Kepolisian resort (Polres) OKUT.

“Karena kejadian awalnya adalah di OKUT, maka yang berhak untuk melakukan penyidikan dan pemeriksaan terhadap tersangka adalah pihak Polres OKUT, disini kita hanya membantu,” jelas Kapolsek.

Sementara itu, Kades Prabu Menang, Yusuf Effendi, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia katakan, dirinya mendapat laporan salah satu warganya bahwa ada warganya yang masih dibawah umur telah melahirkan seorang bayi laki-laki.

“Sebenarnya korban ini adalah warga pindahan dari OKUT, dan baru sekitar dua bulan terakhir menetap di Desa Prabu Menang, dan kejadiannya Rabu (07/03/2018) kemarin,” terangnya.

Korban sendiri dikatakannya, diketahui warganya melahirkan bayi dirumahnya. Ketika itu, warga yang rumahnya tinggal tak jauh darinya mendengar ada suara tangisan bayi yang baru lahir. “Ada warga kita mendengar suara tangisan bayi dari arah rumah korban, ketika dilihat ternyata Mawar baru saja selesai melahirkan,” sebut Kades.

Masih dia katakan, kejadian pencabulan itu sudah yang keempat kalinya terjadi di kampung desanya.

“Kejadian pencabulan ini, sudah yang keempat kalinya terjadi di kampung kami, dan kalau selanjutnya masih ada lagi kejadian yang sama, saya tidak segan-segan untuk langsung melaporkannya ke Pihak Berwajib. Hal ini saya lakukan karena saya tidak mau terjadi lagi untuk kesenian kalinya,” tegasnya.

Laporan : Deka Saputra

Editor     : Donny

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article