Semarak, HUT Ke-73 RI di RT 23 Kelurahan Bukit Lama Palembang

0
287

         

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Semarak dan kemeriahan perayaan HUT RI senantiasa terasa. Tanpa terkecuali di RT 23 RW 08 Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang.

Meski hanya setingkat RT, namun perayaan HUT RI di RT 23 tahun ini melibatkan semua kelompok umur dan masyarakat, sehingga kemeriahan yang dirasakan lebih terasa dari tahun sebelumnya.

‘’Kegiatan telah dimulai sejak tanggal 10 Agustus lalu yang dimulai dari lomba gaplek. Lomba gaplek yang diikuti oleh kaum remaja dan dewasa putra ini memperebutkan hadiah gratis yang diberikan oleh salah satu Caleg dari Partai Golkar Palembang, Yustin Kurniawan SE MM berupa alat pancing atau stik hingga jam dinding,’’ ujar Imam Ghazali, Ketua RT 23, Minggu (19/8).

Lomba gaplek secara estafet terus berlangsung selama satu minggu kemudian seusai Shalat Isyak hingga tengah malam di depan Pos Kamling daerah setempat.

Lalu dilanjutkan dengan beragam lomba. Yakni jalan santai yang memperebutkan 27 doorprize pada tanggal 18 Agustus yang diikuti oleh 110 peserta didominasi kaum hawa dan anak-anak, dilanjutkan pada siang harinya lomba untuk anak-anak (prasekolah-SMP) berupa melukis, lari kelereng, makan kerupuk, tangkap belut, dan futsal.

‘’Lomba terus berlanjut keesokan harinya atau Hari Minggu tanggal 19 Agustus khusus untuk anak SMA—Dewasa (laki dan perempuan), berupa tarik tambang, joget balon, dan futsal, serta terakhir ditutup dengan bersama-sama menyaksikan panjat pinang yang diikuti oleh lima kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 3 orang,’’ tambah Ketua Panitia Adi Saputra.

Seru dan meriah saat lomba dimulai, mulai lomba futsal, tarik tambang dan joget balon buat remaja putri dan ibu-ibu hingga panjat pinang.

Saat lomba berlangsung, selain senda gurau, juga para penonton tertawa spontan melihat aksi peserta di saat lomba. Ada yang terjungkal dan saling timpa saat tarik tambang hingga tak sadar menendang bola ke arah gawang sendiri. Bahkan saat panjat pinang ada peserta yang nyaris mencapai puluhan hadiah tiba-tiba melorot turun karena licinnya pinang yang diolesi minyak gemuk.

Panjat pinang sendiri diikuti oleh para remaja RT 23 dan sekitarnya yang dimulai sekitar pukul 16.00—17.30 WIB. Uniknya banyak para penonton yang spontan melakukan saweran Rp 50—200 ribu untuk memotivasi para pemanjat agar dapar meraih hadiah. Mereka yang menyawer antara lain: Bripka Kelik/Bowo (anggota Polres Linggau), Serda Adi Saputra (anggota Denma Kodam II), Toni, Hartana, Sukinah, dan Agus. Hampir satu jam, pohon pinang yang tingginya lebih dari 8 meter itu barulah dapat ditaklukan.

Dan di akhir acara, semua peserta panjat pinang bergotong-royong mengambil hadiah uang. Dan dimotori oleh Dedy, akhirnya hadiah uang yang diikatkan di ujung bendera umbul-umbul berhasil diambil. Dedy pun mengibarkan bendera kemenangan di atas pohon pinang tersebut. Saat lomba pinang ini berlangsung, ratusan warga menyaksikan, baik warga RT 23 hingga warga sekitar yang kebetulan melihatnya. Apalagi lokasi lomba tepat berada di pinggiran Jalan Srijaya Negara atau sekitar ratusan meter saja dari Universitas Sriwijaya Bukit Besar Palembang.

‘’Selain lomba, juga diberikan penghargaan berupa Jam Biker berlampu kepada dua sesepuh kampung yakni Bapak Ropingan dan Mbah Tukijo. Penghargaan diberikan oleh Ibu Hj Sumiah Suwandi dan Ibu Warni Sujono,’’ cetus Imam seraya menambahkan tempat lomba selain di Pos Kamling, juga di depan rumah Ketua RT 23, dan halaman Vihara Hok Liong Tong yang berdekatan dengan Rumah Dinas Rektor Unsri, Annis Saggaf.

Lomba terlaksana berkat sumbangsih seluruh warga melalui edaran lis, dan para donatur. Mereka para donatur tersebut antara lain: Taufik (Sitau), Agus Seven Dream, Julian Rais, Ati Ketua Vihara Hong Liong Tong, Michel Triniti, Julius, dan Lubis. Sumbangan spontan juga terus terjadi saat lomba berlangsung dari para warga.

‘’Terima kasih warga RT 23 terkhusus kepada Ketua RT. Kita berharap untuk lomba tahun-tahun mendatang bisa semeriah tahun ini, atau bahkan bisa lebih meriah lagi,’’ ujar sesepuh kampung Ropingan didampingi Ketua RW 08, Pohan.

Sementara itu, Lurah Bukit Lama, Alexander mengapresiasi seluruh kegiatan di RT/RW yang ada. ‘’Alhamdulillah, semua kegiatan berlangsung meriah, sukses, dan lancar serta kondusif. Selain itu marilah kita tetap menjaga keamanan dan menyukseskan perayaan Asian Games XVIII di Bumi Sriwijaya ini,’’ tandasnya.

 

Laporan/Posting : Imam Ghazali