Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Tiket Kelas Ekonomi Banyak Diburu Penumpang KA

247
Foto ilustrasi

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang mudik menggunakan jasa moda transportasi kereta api (KA) selama liburan Natal dan tahun baru akan mengalami lonjakan. Dan untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang tahun ini, pihak PT KAI Divre III Sumsel telah menyiapkan sebanyak 2.702 tiket selama libur setiap harinya, mulai dari 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 mendatang.

“Sama dengan masa libur Natal dan tahun baru sebelumnya, untuk mengatasi dan memenuhi permintaan tiket mudik tahun ini kita sudah menyiapkan sebanyak 2.702 tiket setiap harinya, atau total keseluruhannya mencapai sekitar 45.934 tiket untuk melayani pemesanan tiket dari tanggal 22 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018 nanti,” sebut Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, Aida Suryanti, Kamis (28/12) siang.

Menurut Aida, para penumpang seperti biasa dapat memilih layanan beberapa kelas tiket KA, yaitu kelas Limeks Sriwijaya yang melayani jurusan relasi Kertapati-Tanjung Karang Lampung. Kemudian tiket KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk linggau yang merupakan kereta komersial eksekutif dan bisnis, dan KA kelas Ekonomi yaitu KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dan KA Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau.

“Tiket kelas ekonomi hingga kini tetap menjadi incaran pengguna jasa kereta api, terutama untuk relasi Kertapati-Tanjung Karang. Karena dengan tarif yang terjangkau, fasilitas yang ada dalam kereta ekonomi sangat nyaman,” ujar Aida, saat dihubungi lewat via ponsel.

Kemudian untuk memudahkan pemesanan tiket selama libur Natal dan tahun baru, dikatakannya pihaknya juga sudah menyiapkan posko di setiap stasiun keberangkatan penumpang.

“Sehingga masyarakat yang menggunakan jasa kereta api dapat lebih terlayani dengan baik,” jelas dia.

Lebih lanjut Aida menyebutkan, selama libur pihaknya juga telah menyediakan alat material untuk siaga (AMUS) di sejumlah titik rawan bencana seperti longsor dan banjir guna menjamin keselamatan dan keamanan dalam perjalanan kereta.

“Lalu kita pun juga menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas regu terbang atau siaga (flying gang, red). Sedangkan sebagai upaya untuk memberikan rasa nyaman dan aman dari titik awal stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir penumpang, Polsuska dan Security PT KAI selalu siaga untuk mengamankan dan memberikan rasa nyaman bagi penumpang yang akan berliburan,” tambah Aida.

Terakhir Aida mengingatkan, bagi penumpang yang akan membeli tiket secara online agar dapat melakukan check in sejak tujuh hari sebelum hari keberangkatan. “Hal itu untuk menghindari antrian penumpang yang menumpuk melakukan check in pada hari keberangkatan,” tandas dia, seraya meminta kepada seluruh calon penumpang KA untuk tidak memakai perhiasan ataupun membawa barang yang mencolok selama perjalanan libur.

“Karena dikhawatirkan akan menimbulkan niat yang tidak baik bagi sekitar. Sebab kejahatan tidak terjadi akibat pelakunya nekat, namun lantaran adanya kesempatan untuk melakukannya,” tukasnya.

Laporan : AD

Editor   : Donny

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here