Sekian Banyak Perusahaan di Lahat, Hanya PT BAU Bantu Tanggulangi Virus Corona

51

# Rp500 Juta Bantu Pemkab Lahat

Sumateranews.co.id, LAHAT — Dampak dari wabah Covid-19 atau dikenal dengan virus corono, mulai terasa pada perekonomian masyarakat Kabupaten Lahat. Dimana, tampak di sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Bumi Seganti Setungguan, satu persatu berangsur tutup sementara akibat makin marak isu virus berbahaya tersebut. Bahkan, pengurangan karyawan di sejumlah perusahaan kecil di Lahat, turut pula terjadi.

Sebelumnya, pada Senin (23/3) lalu, Komisi IV DPRD Lahat yang menaungi bidan kesehatan, telah berupaya memanggil dan mendorong perusahaan besar seperti batubara, dan perkebunan, untuk ukut berperan memberikan bantuan terkait menanggulangi wabah covid 19, khususnya di Kabupaten Lahat. Hanya saja, dari sekian banyak perusahaan besar yang beroperasi ini, baru satu perusahaan yaitu PT Bara Alam Utama (PT BAU) saja yang memberikan bantuan, terkait himbauan anggota dewan tersebut.

“ Meski hanya satu, yaitu PT BAU yang telah memberikan bantuan dalam mendukung upaya pencegahan covid 19, dengan jumlah Rp.500 juta, Alhamdulillah 0 ini bukti bahwa pt ini perduli akan kesehatan masyarakat Lahat.” kata Bupati Lahat, Cik Ujang SH, dalam kesempatan tersebut.

Lanjut Cik Ujang, bukan hanya membutuhkan peralatan kesehatan seperti alat pelindung diri (APD). Saat ini Pemkab Lahat juga memikirkan bantuan untuk warga miskin, seperti sembilan bahan pokok. Lantaran sejak ditetapkan darurat covid 19, roda perekonomian warga menjadi terhambat.

“ Ingat, dana bantuan ini harus dikelola dengan baik. Jangan sampai disalahgunakan, sehingga ujungnya bantuan tersebut mala berbuah petaka,” tegas Cik Ujang.

Sementara, Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA meminta, dana bantuan yang masuk itu baik dari pihak perusahaan maupun para darmawan, harus dibuatkan rekening khusus, sehingga bisa diawasi.

“ Penggunaannya juga akan selalu diawasi, agar dijalankan secara transparan,” ujar Haryanto.

Terpisah, Kepala Tehnik Tambang PT BAU, Andre Wijaya dibincangi mengungkapkan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada Pemkab Lahat, dalam menanggulangi pencegahan corona di Kabupaten Lahat. Senin (30/3/2020)

“Awalnya kita ingin bantu berupa peralatan, seperti APD. Namun kita kesulitan mencarinya, sehingga diputuskan kita bantu dalam bentuk uang. Semoga, apa yang kita lakukan dapat membantu Pemkab Lahat dalam mengantisipasi, penyebaran virus corona di masyarakat,” tukasnya.

Laporan : Cepy
Editor     : Abiyasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here