Sekda Kampar Hadiri Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kemenhub

26

Sumateranews.co.id, KAMPAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan untuk masyarakat Kabupaten Kampar yang bersumber dari dana APBN 2019.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Perhubungan yang dibuka oleh Wakil Direktur III Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Penyeberangan Palembang capt. Rudi Sugiharto M.Pd di Stanum Bangkinang Kota. Senin, (7/10/2019).

“Inilah kesempatan emas yang diberikan kepada Masyarakat kabupaten kampar dan Diklat ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya, yang pertama tentang keselamatan lalulintas dan sekarang tentang keselamatan pada pemadam kebakaran dan Keselamatan pada sungai dan Danau.”ujar Yusri

Sekda Kampar juga mengucapkan terima kasih karena Kabupaten Kampar akan menerima transportasi air (kapal) dari Kementerian Perhubungan RI, ini juga berkaitan dengan dilaksanakannya diklat tersebut.

“Kapalnya belum sampai, pendidikannya sudah kita dapat, ini lebih baik,” tukas Sekda.

Selanjutnya, Sekda Kampar juga mengimbau dan mengharapkan ada beberapa titik wilayah di Kabupaten Kampar yang akan dijadikan daerah wisata, dimana lokasinya dikelilingi oleh sungai  untuk itu dibutuhkan kapal.

“Titik pertama itu berada di daerah PLTA Koto Panjang untuk itu kepada kadis perhubungan agar dapat merencakan dengan sebaik-baiknya titik yang akan kita kembangkan wisata yang berkaitan dengan transportasi air.”ujar Yusri.

“Danau PLTA yang ada tersebut termasuk yang terpanjang, berkaitan itu pula kedepan jika ada kebutuhan tenaga kerja, jangan yang lain yang diterima, namun yang diterima adalah yang sudah diberikan pelatihan dan pendidikan, yang sudah bersertifikat,” imbuh dia.

“Ini bukti kita dalam memberdayakan masyarakat, jadi tidak saja Dinas Perhubungan saja yang tahu akan cara memadamkan dan memberikan keselamatan namun juga masyarakat harus tahu.”tutur Yusri

Kemudian titik kedua yang akan dikembangkan daerah wisata adalah Bangkinang River Side karena nantinya akan dikembangkan menjadi wisata air. Untuk itu Sekda Kampar mengharapkan kepada peserta pendidikan dan pelatihan ini untuk dapat mengikuti dengan sebaik mungkin.

Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar Mahadi serta dan peserta Diklat.

Laporan : Arifin

Editor.   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here