Sebelum Tetapkan Tersangka Ustadz Zulkifli, Polri Periksa Sejumlah Saksi

0
151

Sumateranews.co.id, JAKARTA – Bareskrim Polri hari ini resmi menetapkan Ustadz Zulkifli Muhammad Ali menjadi tersangka kasus ujaran kebencian yang bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Sebelum menetapkan status tersangka itu, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal mengatakan, selain akan memanggil tersangka Zulkifli Muhammad Ali, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap para saksi terlebih dahulu.
“Sekarang sudah beberapa saksi diperiksa. Terus juga yang bersangkutan diperiksa. Terus juga nanti beberapa barang bukti diperiksa untuk melengkapi ujaran kebencian,” katanya kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).
Ia mengungkapkan, Polri setidaknya memiliki dua alat bukti untuk menetapkan tersangka kepada Zulkifli Muhammad.
“Dua alat bukti masuk dalam melakukan atau masuk dalam unsur tindak pidana bahwa hal itu melanggar beberapa aturan hukum,” lanjutnya.
Iqbal menegaskan, Zulkifli telah beropini dan menggiring seseorang dalam dakwahnya yang menebarkan kebencian dan bermuatan SARA.
“Ini sudah beropini, berasumsi, menggiring bahwa ada seolah-olah serangan masif untuk menyerang negara dan lain-lain. Nah, sekarang faktanya mana? Yang mendengar, terprovokasi. Kasihan masyarakat jadi ketakutan,” tutupnya.

Sumber : Okezone
Editor : Syarif