Sebanyak 600 KTP Akan Dibagikan ke Kantor Lurah

0
114

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Sebanyak 600 keping KTP elektronik yang sudah dicetak milik wajib eKTP belum diambil. Rencananya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lubuklinggau akan menyerahkannya ke kelurahan untuk dibagikan kepada wajib eKTP di setiap wilayah masing-masing.

“Minggu depan kalau belum diambil, kami serahkan ke Lurah-lurah, dibagikan ke warganya,” kata J Iman Sitepu, Kepala Disdukcapil Lubuklinggau, Jumat (3/11).

Menurutnya, 600 keping eKTP tersebut baru tiga hari dicetak. Ke 600 keping eKTP itu rata-rata milik wajib eKTP yang usianya baru pemula yakni antara 17, 18, 19, dan 20 tahun. Di samping  itu, mereka selama ini telah sudah melakukan perekamanan, namun statusnya menunggu untuk siap cetak.

“Kemungkinan mereka belum tahu kami cetak. Nah kami cetak, baru kami bagi-bagikan ke Lurah-lurah untuk mempercepat,” timpalnya.

Sebagaimana diketahui di Lubuklinggau terdapat 159 ribu wajib eKTP. Dari jumlah itu sudah perekaman 98 persen wajib eKTP dan dicetak sekitar 96 persen atau 157 ribu.

“Jadi saat ini kita percepatan pencetakan KTP elektronik. Karena kondisi blangko memang sedang mencukupi,” bebernya.

Lanjutnya, Johan,  mengatakan, stok blangko eKTP baru minggu lalu sekitar 4.000 keping. Ke 4.000 keping blangko tersebut untuk status PRR, cetak reguler. Lalu perubahan status dari yang belum menikah menjadi nikah, pelajar menjadi pekerja dan pindah datang.

“Kemarin sempat kosong blangkonya, sementara pakai suket. Nah sekarang tinggal 2.700 suket, kemarin 4.000. Dalam minggu sudah kami cetak, lebih dari hampir seribuan,” pungkasnya.

Laporan           : Donna Apriliansyah

Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article