BanyuasinSecond HeadlineSumsel

Sebanyak 58 Pejabat Ikuti Wawancara Seleksi JPT Banyuasin

Sumateranews.co.id, BANYUASIN — Sebanyak 58 Pejabat lingkungan Pemkab Banyuasin yang mengikuti seleksi (lelang) jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) dites wawancara. Wawancara digelar selama 3 hari mulai 13-15 Agustus di Hotel Emilia Palembang.

Menurut Ketua Panitia Seleksi Prof. Ir. H. Zainuddin Nawawi, Ph.d., tes yang dilakukan merupakan tes secara formal. Tes dilaksanakan sesuai aturan dan tidak ada pesanan.

Dengan begitu, kata dia, semua peserta memiliki kesempatan yang sama. “Tidak ada yang sudah ditentukan untuk menduduki jabatan tertentu. Karena semua sama-sama mengikuti tes yang dilakukan oleh tim independen,” tegasnya.

Sementara Pj. Sekda Banyuasin Drs. HM. Yusuf, M.Si mengatakan bahwa proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama masih terus berlangsung. “Total dari yang lulus verifikasi jumlah 59 orang. Gugur 1 orang keterangan sakit pada saat pembuatan makalah. Jadi 58 peserta yang mengikuti tahap berikutnya tahap wawancara,” kata Yusuf.

Yusuf menerangkan tim wawancara terdiri dari unsur Pemprov Sumsel, Pemkab Banyuasin, Akademisi dan tokoh masyarakat.

“Tim yaitu, Prof. Ir. H. Zainuddin Nawawi, Ph.d, Drs. H.M. Yusuf. M.Si, Nora Elisya, SH. MH, Prof. Dr. Alfitri, M.Si, H. Iskandar Zulkarnain, SH, M.Hum,” kata Pj. Sekda

Yusuf melanjutkan nantinya nama kandidat pejabat pimpinan tinggi pratama tersebut akan diajukan kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk merekomendasikan penunjukan dan pelantikannya.

“Dari 3 kandidat di tiap JPT pratama tersebut akan dipilih salah satu yang terbaik oleh PPK. Tentunya dengan berbagai pertimbangan,” ujarnya didampingi Kepala BKPSDM Hazairin Zaini, SH.

“Karena di sini kita mencari pemimpin yang bisa mengangkat Banyuasin ke depan menjadi lebih baik. Mencari pemimpin yang bisa mengangkat Banyuasin dengan program-program inovatifnya saat menduduki jabatan,” ungkap Yusuf.

Sebelumnya peserta mempresentasikan makalah yang sudah dibuat. Sesuai judul dan isi dari makalah masing-masing. Apa yang akan diperbuat saat menduduki jabatan yang diinginkan. Program apa yang menjadi terobosan ke depan di dinas atau badan yang dipimpin nanti.

Seperti diketahui sejak 26 Juni – 12 Juli, Pemkab Banyuasin membuka pendaftaran bagi 12 jabatan esselon II atau setingkat Kepala Dinas/Badan di lingkungan Pemkab Banyuasin.

Setelah lulus administrasi peserta mengikuti assement atau uji kompetensi. Pemkab Banyuasin melalui panitia seleksi (Pansel) memercayakan kepada pihak Assesment Centre Polda Sumsel.

Setelah assasement, para peserta memasuki tahapan tes penulisan makalah yang sudah digelar pada tanggal 05 Agustus 2019.

Posisi Kepala Dinas/Badan yang kosong, meliputi; Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Inspektur Kabupaten, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button