Sebanyak 283 Calhaj Muara Enim Berangkat 1 Agustus 2018

0
132

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Tahun 2018 ini tercatat sebanyak 283 calon jemaah haji (calhaj) Muara Enim yang akan berangkat menuju tanah suci. Rencananya mereka akan berangkat pada 1 Agustus mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Muara Enim, HM Abdu melalui Kasi Penyelengaraan Haji dan Umroh, H Ainudin, Selasa (3/6).

“Tahun 2018 ini, JCH Kabupaten Muara Enim yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 283 orang, terdiri dari 131 jemaah laki-laki, dan 152 jemaah perempuan, dan tiga di antaranya adalah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD),” katanya.

“Pada tanggal 1 Agustus, para calhaj tersebut akan berangkat dari Muara Enim menuju Asrama Haji Palembang, menginap satu malam. Kemudian tanggal 2 terbang menuju Jeddah, Arab Saudi,” katanya.

Nantinya, calhaj Muara Enim masuk pada gelombang dua dan tergabung dalam kloter 12 Embarkasi Palembang.

“Semoga musim haji tahun ini berjalan lancar demi tercapainya ibadah haji yang mabrur,” tegasnya.

Dijelaskannya guna membekali dan memberikan pemahaman terkait ibadah haji saat di Tanah Suci, pihaknya telah menggelar bimbingan manasik haji tahun 2018 M/1439 H yang di pusatkan di Masjid Babussalam, Komplek Islamic Center Muara Enim.

“Bimbingan dalam manasik haji merupakan persiapan penting bagi calon haji. Dengan manasik, para jemaah calon haji (JCH) dapat mengetahui sekaligus mempraktekkan tata cara ibadah haji, sehingga rukun dan syarat sahnya ibadah haji bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Ia juga mengatakan bimbingan ini bertujuan agar JCH tidak menemui kesulitan ketika beribadah di Tanah Suci nanti.

“Dalam manasik haji ini JCH diajarkan rukun wajib, sunah dan larangan saat berhaji. Dengan begitu, mereka betul-betul mampu serta memiliki kemandirian dalam pelaksanaan haji nantinya,” tandasnya.

Laporan : Deka Saputra
Editor/Posting : Imam Ghazali