Muba

Sebanyak 262 Jemaah Calhaj Muba Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Sebanyak 262 jemaah calon haji (calhaj) tahun 1439 H/2018 M yang berasal dari 15 Kecamatan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti acara bimbingan manasik haji massal yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba bertempat di Masjid Jami’ An-Nur Sekayu. Kegiatan akan berlangsung selama sebelas hari berlokasi di kecamatan masing-masing. Penutupan pada tanggal 13 Juli 2017 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Muba, Drs H Subrata MPdI dalam laporannya yang disampaikan oleh ketua panitia pelaksana pada pembukaan acara manasik haji, Senin (2/7/2018).
Dikatakannya bahwa memberikan pembinanaan dan pelayanan bagi jemaah haji merupakan kewajiban pemerintah setempat. Dimana Kemenag menjadi tangan panjang pemerintah untuk langsung menangani kegiatan haji ini, agar jemaah bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna.

“Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya bimbingan manasik haji ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada jemaah terkait ilmu manasik haji, memberikan pengetahuaan dalam pelaksanaan ibadah haji dengan baik dan benar sehingga menghasilkan haji yang mabrur. Untuk keberangkatan jema’ah haji dijadwalkan pada tanggal 7 Agustus 2018 mendatang,” jelasnya.

Mewakili Bupati Muba, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Ir H Rusli SP MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Bupati berpesan semoga seluruh jemaah haji selalu dalam keadaan sehat, agar dapat melaksanakan haji dengan tertib dan aman hingga pulang ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

“Saya percaya calon jemaah haji yang hadir saat ini cita-citanya ingin menjadi haji yang mabrur, dan mabruroh. Untuk mencapai predikat itu ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama harus benar-benar niatnya hanya karena Allah SWT dan bukan karena yang lain, kedua untuk mencapai kemabruran maka ambillah contoh dari rasul dalam melaksanakan ibadah haji. Insya Allah, tata cara berhaji Rasulullah sama dengan materi yang akan disampaikan dalam pembinaan manasik haji hari ini dan hari – hari berikutnya,” tandasnya.

Laporan : Hasbullah Anwar
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button