Sebanyak 241 Peserta Ikuti Pelantikan Bimbingan Teknis PPL

0
88
Teks foto: Bupati OI saat memberikan sambutannya pada pelantikan PPL. (foto: lubis)

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Sebanyak 241 orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) secara resmi telah dilantik di Pendopoan Pemkab Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (17/1/2018). Pelantikan tersebut dipimpin Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Ogan Ilir (Panwaslu) Idris, SHI.
Hadir dalam acara pelantikan PPL Kabupaten OI, Bupati HM. Ilyas Panji Alam, SE SH MM, Kapolres OI AKBP Gazali Ahmad, SIk, MH, Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi, SE M.Si, Komisioner KPU Kabupaten OI, SKPD Kabupaten OI, dan para undangan.

Jumlah Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tersebut dilantik sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. PPL menjadi ujung tombak Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Ogan Ilir, dalam melakukan pengawasan selama tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Bupati Gubernur tahun 2018.
Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Ogan Ilir, Pengawas Pemilu Lapangan sudah langsung melakukan tugas setelah dilantik. Mereka membantu tugas di tingkat Desa dan juga Kelurahan. Walaupun masing-masing desa dan juga kelurahan memiliki luas yang berbeda, namun fungsi pengawasan harus tetap bisa dilakukan secara optimal.

“Mereka sudah langsung melaksanakan tugas sebagai ujung tombak kami di tingkat Desa Kelurahan setelah dilantik. Nantinya, para PPL ini yang akan membantu tugas Panwaslih. Dan kami yakin para PPL ini akan bisa melaksanakan tugas secara maksimal dan optimal dalam melaksanakan pengawasan,” ujar Idris.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Junaidi, SE MSi mengatakan, PPL memiliki tugas yang berat dalam melakukan pengawasan, karena harus melakukan pengawasan langsung di masyarakat. Nantinya, hasil pengawasan yang dilakukan harus dilaporkan ke Panwaslu Kabupaten Ogan Ilir.

“Tugas PPL ini sebenarnya justru lebih berat, karena mereka yang mengawasi secara langsung bagaimana tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di masyarakat. Dan kalaupun memang ada dugaan pelanggaran, PPL ini nantinya berwenang untuk melaporkan dugaan pelanggaran tersebut ke Panwaslu,” tandasnya.

Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article