Sebanyak 16 Desa di Mura Gelar Pilkades

0
132

Sumateranews.co.id, MURA- Sebanyak 16 desa di Kabupaten Musi Rawas, hari ini, Selasa, 12 Desember 2017 melaksanakan pesta politik dimana masyarakat akan menentukan pemimpin di desa mereka dengan menggunakan sistem Elektronik Voting (E-Voting).

Sistem evoting ini merupakan salah satu inovasi di Kabupaten Musi Rawas. Penerapan sistem evoting ini telah diterapkan sejak tahun 2013 hingga 2016. Setidaknya, di Kabupaten Musi Rawas telah dilaksanakan 155 Pilkades dengan sistem EVoting dan telah berjalan dengan baik dan lancar.

Pada tahun 2017 ini, 16 desa yang tersebar di 8 Kecamatan di antaranya Kecamatan Selangit 3 Desa, Kecamatan STL Ulu Terawas 2 Desa, Kecamatan TPK 1 Desa, Kecamatan Sumber Harta 1 Desa, Kecamatan Megang Sakti 3 Desa, Kecamatan Tuah Negeri 3 Desa, Kecamatan Sukakarya 1 Desa, dan Kecamatan Muara Kelingi 2 Desa.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Musi Rawas, H Bambang Hermanto mengatakan, Persiapan peralatan untuk melaksanakan pilkades sistem E Voting telah siap 100 persen dan telah distribusikan ke seluruh desa yang akan melaksanakan pilkades.

“Pilkades dengan sistem E-Voting ini merupakan salah satu terobosan yang dilaksanakan oleh Pemkab Mura yang bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknology (BPPT) RI. Dimana Musi Rawas merupakan salah satu daerah yang pertama kali menerapkan sistem ini dan tetap konsisten hingga saat ini. Sedangkan, Keunggulan dalam penerapan sistem ini, untuk proses pelaksanaan pemilihan akan lebih efektif, efisien dan teruji hasilnya,” tegasnya, Selasa, (12/12).

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengharapkan, agar proses pilkades yang akan dilangsungkan dapat berjalan dengan lancar dan damai serta diharapkan masyarakat akan mendapatkan pemimpin yang dikehendaki dan dapat membangun desanya masing-masing.

“Pilkades dengan sistem E-Voting merupakan salah satu bentuk penerapan teknology. Saat ini di beberapa daerah di nusantara ini telah mulai menggunakan sustem E-Voting, bahkan negara-negara di berbagai belahan dunia telah menerapkan sistem ini, bahkan teknologinya lebih maju lagi,” ungkapnya.

Bupati berharap dengan suksesnya pelaksanaan pilkades dengan sistem ini yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 hingga saat ini di Kabupaten Musi Rawas pada akhirnya dapat diterapkan di seluruh daerah di Nusantara ini bahkan dapat diterapkan pada pilkada, pilpres bahkan pemilu.

Laporan          : Donna Apriliansyah

Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article